Anjing Dapat Mendeteksi Kanker Usus Stadium Awal

0
50

.Anjing, binatang yang kerap disebut sebagai sahabat karib manusia, rupanya memiliki kemampuan luar biasa yakni, mengendus kanker usus sejak stadium awal. Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa seekor anjing jenis Labrador Retriever bisa mendeteksi adanya kanker usus dengan tingkat akurasi hingga 90 persen.

Labrador Retriever bahkan bisa mengetahui adanya kanker usus pada 33 orang dari 36 sukarelawan yang mengikuti uji coba, hanya dengan mengendus bau nafas para sukarelawan itu. Sedangkan dengan mengendus kotoran si penderita, tingkat deteksi anjing itu menjadi 98 persen, atau bisa mengetahui 37 dari 38 penderita yang terlibat dalam percobaan.

Para peneliti dari Universitas Kyushu, Jepang, yang melakukan penelitian tersebut percaya anjing bisa mendeteksi zat kimia tertentu yang disebut volatile organic compounds (VOC), diproduksi oleh sel-sel kanker.

Namun para peneliti tidak menganjurkan untuk melatih anjing-anjing untuk mendeteksi kanker, karena memakan waktu dan berbiaya mahal. Karenanya sangat penting untuk mencari sensor pendeteksi kanker usus pengganti anjing guna mengidentifikasi zat VOC tertentu.

(berbagai sumber)

SHARE