Menggosok Gigi Sehatkan Paru-paru

0
48

.Dalam Studi yang diterbitkan Journal of Periodontology, menemukan bahwa penyakit gusi dapat meningkatkan risiko berbagai kondisi pernafasan, termasuk pneumonia, infeksi saluran pernafasan, bronkitis akut, bahkan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Dalam studi tersebut, bakteri yang disebabkan penyakit periodontal, merupakan peradangan kronis dari jaringan gusi serta tenggorokan atas. Kemudian terhirup ke dalam saluran pernapasan bagian bawah, dan bersarang di daerah tersebut.

Bakteri yang bersarang selanjutnya dapat menghambat pernafasan dan mengakibatkan masalah paru-paru yang sangat serius. “Penyakit paru dapat melumpuhkan dan melemahkan,” kata Donald S. Clem, President American Academy of Periodontology. Clem selanjutnya melakukan penelitian terhadap 200 peserta yang berusia 20-60 tahun.

Setengah dari peserta merupakan pasien yang menderita penyakit pernafasan. Sedangkan setengahnya lagi merupakan peserta yang sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit paru-paru. Setiap subjek diberi ujian lisan untuk menilai secara luas tentang masalah kesehatan gigi. Dari penelitian itu diketahui bahwa pasien yang menderita penyakit pernafasan memiliki kesehatan periodontal yang lebih buruk, dibandingkan peserta yang sehat.

Inilah yang menjadi petunjuk awal hubungan antara penyakit pernapasan dan penyakit periodontal. Clem menyarankan para penderita penyakit pernafasan agar sering membersihkan rongga mulut dengan tepat, termasuk menyikat gigi setiap hari, serta memeriksakan gigi secara rutin ke dokter.

(berbagai sumber)

SHARE