Pilah Pilih Jaket Motor

0
59

.JAKARTA – Tak dipungkiri lagi jaket merupakan elemen penting bagi pengendara sepeda motor. Karena pakaian inilah yang melindungi kulit bikers dari kondisi cuaca saat berkendara.

Sebagin besar jaket motor terbuat dari bahan kulit sapi namun ada pula bahan lain seperti parasut. Kelemahan utama jaket berbahan kulit biasanya pakaian model ini tidak bisa digunakan pada cuaca yang buruk. Jika bikers harus menerobos kondisi cuaca sedang hujan deras, maka jaket berbahan kulit butuh perhatian khusus.

Ketika jaket basah kuyup maka jangan langsung simpan atau dilipat. Tutup jaket dengan handuk kering, kemudian dibagian lain tutup juga dengan handuk kering, ibaratnya jaket seperti diselimuti handuk. Setelah itu tekan-tekan handuk hingga seluruh air yang menyerap ke bahan jaket tadi keluar. Baru jemur jaket tersebut tanpa terkena sinar matahari langsung, dan berikan cairan perawatan bahan dari kulit secepatnya.

Jika memilih jaket menggunakan bahan non kulit seperti parasut, biasanya jaket model ini lebih tahan terhadap cuaca buruk. Karena jaket model seperti ini dilengkapi juga dengan ventilasi sehingga bagian dalam jaket tidak pengap. Buka resleting bagian depan jika kondisi udara terlampau panas, namun tutup bagian ini kalau perlu tambahkan rompi ekstra jika cuaca sangat dingin. Ingat, jaket fungsinya sebagai pelindung kulit Anda!

Selain dua tipe jaket tadi ada pula jeket model hot-weather. Jaket tipe ini biasanya digunakan untuk bikers yang berkendara di jalanan dengan cuaca yang terlampau panas karena jaket ini modelnya berlubang. Namun hati-hati, ada seorang pengendara yang mengaku kulitnya harus menjalani sejumlah perawatan medis karena di beberapa bagian tubuhnya menempel kerikil jalan setelah ia memakai jaket tersebut.

Nah agar nyaman sepanjang perjalanan, maka pilihlah jaket yang pas dengan ukuran tubuh Anda. Jangan lupakan jaket yang dilengkapi pelindung siku, karena ini penting untuk perlindungan pertama ketika bikers terjadi kecelakaan.

Tak cuma itu, cari juga jaket yang memiliki resleting yang mudah digeser dengan tangan. Ada baiknya pilih jaket yang memiliki pelindung leher dan yang memiliki saku.

Jika faktor kenyamana dan keamanan sudah terpenuuhi maka langkah
selanjutnya boleh pilih jaket motor yang tengah mengikuti perkembangan
fashion terkini.

(berbagai sumber)

SHARE