Protein FUS Hambat Pertumbuhan Kanker Prostat

0
33

.Para ilmuwan Imperial College London, menemukan bahwa protein FUS dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. Protein FUS diproduksi secara alami di dalam sel tubuh manusia. Pasien dengan tingkat FUS yang lebih tinggi cenderung untuk hidup lebih lama dan memiliki sel kanker yang kurang agresif.

Kanker prostat adalah penyakit paling umum bagi kaum pria di Inggris. Penyakit ganas itu membunuh 10 ribu orang di Inggris setiap tahunnya. Terapi hormonal yang sering diterapkan di rumah sakit, kini hanya bekerja untuk waktu yang terbatas, sedangkan kemoterapi sering tidak efektif.

“Temuan ini menunjukkan bahwa FUS mungkin dapat menekan pertumbuhan sel kanker prostat, dan menghentikan penyebarannya ke seluruh tubuh,” jelas Dr Charlotte Bevan, spesialis kanker.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Cancer Research. Greg Brooke, penulis jurnak tersebut menambahkan jika protein FUS tidak hanya dapat mengahmbat pertumbuhan kanker prostat, tetapi juga menghambat kanker payudara, yang memiliki kesamaan signifikan dengan kanker prostat.

SHARE