Selamatkan Jantung dengan Alkohol

0
90

.Siapa bilang alkohol hanya bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan? Coba saja tanyakan kepada dokter dan mereka akan memberitahu bagaimana beberapa tetes alkohol bisa menyembuhkan Anda dari gangguan jantung genetik, melalui teknik yang cepat menggantikan metode bedah konvensional.

Alkohol septal ablasi adalah teknik yang digunakan untuk mengobati otot hipertrofik cardiomyopathy (HCM) yang menyebabkan pertumbuhan otot jantung abnormal, sehingga mengakibatkan obstruksi pada aliran darah.

“Dalam alkohol septal ablasi, kita menggunakan alkohol murni untuk membakar sebagian dari otot jantung yang sakit. Hal ini dilakukan untuk memudahkan perjalanan darah melalui arteri,” kata Praveen Chandra, ketua kardiologi intervensi di Medanta Medicity.

Cara kerjanya yakni sejumlah tetes alkohol dimasukkan ke arteri untuk menghasilkan asap, sehingga menipiskan dinding yang menghalangi otot jantung. Teknik, yang berusia lebih dari satu dekade ini, kini memperoleh keunggulan karena efektivitas biaya, invasi minimal dan kemampuan penyembuhan yang cepat.

Bagi Anda yang sering mengalami sakit hati, sesak nafas, atau tiba-tiba kehilangan kesadaran, disarankan untuk melakukan echocardiography agar didiagnosa apakah memiliki gejala HCM atau tidak. “Orang dengan riwayat HCM dalam keluarga perlu berhati-hati karena penyakit ini cenderung menurun kepada siapapun yang berusia 18-50 tahun,” kata Chandra.

Metode penyembuhan dengan alkohol septal ablasi juga digunakan untuk pembakaran sel-sel kanker hati. Namun perlu dicatat bahwa metode penyembuhan ini, berbeda dengan kita mengkonsumsi alkohol secara langsung. Hingga kini, praktek penyembuhan dengan ablasi alkohol septal masih kurang dipakai, karena penyakit HCM jarang ditemui.

SHARE