Tak Ada Waktu Untuk Berjalan? Coba Ini!

0
36

.Anda tak perlu memaksakan diri untuk berjalan kaki selama 30-40 menit sehari jika memang tidak memiliki cukup waktu untuk melakukannya. Sebagai gantinya, cukup sediakan waktu 10 menit saja untuk memaksimalkan kesehatan, serta awet muda dengan berjalan cepat. Melakukan olahaga setiap hari walau sebentar sangat bermanfaat bagi tekanan darah daripada melakukan satu kali berjalan di atas treadmill selama 40 menit.

Dalam sebuah penelitian, orang-orang yang melakukan jalan kaki sebentar sebanyak 4 kali setiap hari, mendapatkan lebih banyak manfaat pada tekanan darah mereka, daripada yang berjalan kaki sekali saja dalam waktu yang cukup panjang. Jalan kaki dalam waktu sebentar mengurangi tekanan darah sistolik selama 11 jam dan tekanan darah diastolik selama 10 jam.

Jumlah waktu tersebut lebih lama jika dibanding mereka yang berjalan kaki dalam waktu cukup lama, dimana tekanan darah sistolik dan diastolik mereka menurun hanya selama 7 jam. Semua pejalan kaki yang diteliti mendapatkan lebih banyak manfaat karena sebelumnya mereka memiliki prahipertensi.

Prahipertensi secara teknis belum memiliki tekanan darah tinggi, namun berisiko besar terkena penyakit kardiovaskular. Tekanan darah mereka rata-rata 120-139 untuk sistolik dan 80-89 untuk diastolik, angka yang cukup umum dan mungkin tidak terduga memiliki prahipertensi.

Sebaiknya segera periksa tekanan darah Anda, karena tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai berjalan kaki 10 menit sehari. Parkir mobil Anda agak jauh dan berjalanlah menuju kantor, pilih berjalan kaki saat akan makan siang daripada menyuruh orang lain untuk membelikannya. Selain itu jalan sore di sekitar kantor sebelum pulang atau di komplek rumah setelah makan malam. Waktu 10 menit yang Anda investasikan sekarang akan terbayar dengan tubuh sehat terhindar dari tekanan darah tinggi di kemudian hari.

SHARE