7 Fakta Tentang PMS

0
40

.Anda para wanita pasti sering merasakan nyeri haid, kram perut, sakit pinggang, bahkan premenstrual syndrome (PMS) dapat menyebabkan kondisi suasana hati menjadi tidak stabil. Beberapa wanita menjadi sensitif dan sering merasa sangat sedih tanpa tahu penyebabnya.

Seperti dilansir dari Daily Mail, Dr. Ellie Cannon, memberitahu tujuh fakta penting seputar PMS. Hal ini agar Anda segera mengatasinya dan tidak terjebak dalam kondisi emosi yang kian memburuk.

1. Kapan harus berkonsultasi dengan dokter?
Ketika ada gejala serius yang berhubungan dengan kondisi fisik saat ini, dan tubuh tidak bisa melakukan aktivitas. Selain itu, ketika gejala emosional mulai mengganggu hubungan pribadi.

2. Apa yang memicu premenstrual syndrome?
Bagian kedua dari siklus menstruasi didominasi oleh hormon progesteron. Hormon ini menurunkan kadar serotonin, hormon bahagia di otak, dan dapat menyebabkan kembung, nyeri payudara dan sakit kepala.

3. Adakah pil yang bisa mengurangi gejala PMS?
Sebagian besar pil tidak efektif untuk mengurangi gejala PMS. Untuk lebih aman, perbanyak minum air hangat dan makan sayur, serta buah sehingga daya tahan dan stamina tidak drop.

4. Adakah obat yang diresepkan oleh dokter untuk menangani gejala PMS?
Obat antidepresan seperti Prozac, cukup efektif untuk menangani masalah-masalah psikologis karena PMS. Ada juga beberapa obat lain, tetapi untuk mendapatkannya Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

5. Adakah cara alami untuk mengurangi gejala PMS?
Meningkatkan latihan dan diet seimbang. Konsumsi vitamin B6 untuk membantu kondisi tubuh dengan perubahan mood.

6. Gejala penurunan PMS bisa semakin memburuk?
Hal ini paling sering terjadi pada wanita antara usia 30 dan 40 tahun. Hal ini terlihat pada wanita yang ibunya juga mengalami gejala PMS atau wanita yang kelebihan berat badan.

7. Kenapa teh dan kopi memperburuk PMS?
Kandungan kafein dalam kopi dan teh memang bisa memperburuk rasa sakit. Jadi Anda harus menghindari atau mengurangi minuman ini saat mengalami PMS.

(berbagai sumber)

SHARE