For Sale : EMI

0
31

.EMI (Electric & Musical Industries) sebagai salah satu dari “big four” perusahaan rekaman selain Universal Music Group, Sony Music Entertainment dan Warner Music Group, berada pada kondisi kritis. Kepemilikan EMI yang sebelumnya dikuasai oleh Terra Firma akan berpindah tangan kepada Citigroup.

Pengambilalihan EMI oleh Citigroup disebabkan perusahaan Terra Firma milik Guy Hands tidak sanggup untuk membayar utang pinjamannya. Sebelumnya tahun 2007 setelah mengalami penurunan penjualan, EMI dibeli oleh Terra Firma senilai ?4.2 miliar. Namun kondisi malah tidak berjalan membaik karena malah EMI berhutang yang cukup besar kepada Citigroup. Pengambilalihan EMI oleh Terra Firma tersebut dianggap sebagai salah satu kesepakatan terburuk dalam sejarah perusahaan di Inggris.

EMI yang merupakan tempat bernaungnya musisi seperti Lily Allen, The Beatles, Coldplay dan beberapa musisi ternama lainnya. Label rekaman ini rencananya akan dijual lagi setelah dibeli oleh Citigroup tapi di bawah manajemen yang sama. Hal tersebut menimbulkan spekulasi bahwa perusahaan rekaman lain akan membeli EMI. Warner Music adalah salah satu kandidat yang akan membelinya. “Sementara untuk bagian publishing akan dijual kepada perusahaan swasta lainnya, yaitu KKR,” kata Robert Peston, Bussines Editor BBC.

Terra Firma dan rekannya kehilangan seluruh modal sejumlah ?1.7 milliar yang mereka tanamkan di EMI walaupun telah berusaha keras untuk mempertahankan EMI. Selama beberapa bulan mereka mengajukan berbagai solusi yang memungkinkan untuk mengumpulkan uang agar dapat mencegah EMI direbut oleh Citigroup. Usaha tersebut meliputi pembagian EMI menjadi dua dan menjual aset kepemilikan studio Abbey Road. Juga rencana untuk menyewakan katalog EMI di Amerika Utara kepada label-label besar lainnya tapi kemudian gagal karena tidak mencapai kesepakatan. Tepat tanggal 1 Februari 2011, Citigroup 100% mengambil alih kepemilikan EMI atas Terra Firma.

Penjualan EMI kepada perusahaan swasta mengakibatkan konflik dengan beberapa musisi di label tersebut. Mereka menganggap masalah keuangan tersebut sudah mengalihkan proses kreatifitas. Salah satu grup band terbesar di label EMI, Radiohead, memutuskan keluar karena menganggap pemilik label tidak memahami industri musik. Thom Yorke mengklaim bahwa musik sudah mengalami devaluasi dengan keterlibatan perusahaan swasta yang memperlakukan musisi/grup band hanya sebagai bagian dari saham atau sapi perah bagi perusahaan. Selain Radiohead, The Rolling Stones dan Joss Stone juga termasuk musisi yang meninggalkan EMI di bawah kepemilikan Terra Firma.

(berbagai sumber)

SHARE