02.02.11 RIP The White Stripes

0
40

.Setelah vakum cukup lama serta banyaknya isu yang beredar seputar kelangsungan hidup The White Stripes, akhirnya berita resmi pun diperoleh. The White Stripes yang terdiri dari Jack White dan Meg White ini pun mengumumkan pembubaran. “The White Stripes would like to announce that today, February 2nd, 2011, their band has officially ended and will make no further new recordings or perform live,” demikian pernyataan yang disampaikan melalui situs resmi mereka.

Ada pun alasan pembubaran bukan karena perbedaan prinsip mau pun alasan kesehatan, mereka menyatakan karena adanya segudang alasan yang tidak ingin mereka beritahu dan ingin mempertahankan semua hal luar biasa yang band ini pernah lakukan.

Setelah merilis album Icky Thump tahun 2007, Jack sempat menyatakan akan membuat album ketujuh. Tapi Jack White tampaknya semakin sibuk dengan karirnya sebagai seorang penyanyi solo dan produser serta membentuk The Racounters dan The Dead Weather. Pada 20 Februari 2009 di episode terakhir acara Late Night with Conan O’Brien, The White Stripes tampil live pertama kalinya setelah terakhir pada september 2007. Penampilan mereka ini menjadi penampilan terakhir karena akhirnya memutuskan bubar pada 2011 ini.

The White Stripes dibentuk tahun 1997 di Detroit dengan mengeluarkan debut album self-titled yang mengenalkan musik raw yang terpengaruh punk dan blues kepada penikmat musik. Ramuan musik ini membuat album-album yang mereka hasilkan berhasil menarik perhatian. Album “White Blood Cells” dan “Elephant” dibahas oleh berbagai media. Tidak cuma itu, album “Elephant”, “Get Behind Me Satan”, serta “Icky Thump” memenangkan kategori Best Alternative Music Album.

Keputusan band yang tahun 2002 oleh Q magazine dinobatkan sebagai salah satu dari “50 Bands to See Before You Die” ini untuk bubar amat disayangkan oleh penggemarnya. Tapi The White Stripes mengharapkan para penggemar untuk melihat keputusan yang mereka ambil sebagai langkah positif menghormati seni dan musik yang telah The White Stripes ciptakan. Cheerio!

(berbagai sumber)

SHARE