Google Luncurkan Honeycomb Untuk Saingi iPad

0
36

.Rabu (2/02) lalu, Google meluncurkan sistem operasi Android khusus komputer tablet, Honeycomb, di kantor pusatnya di California. Mereka berharap sistem operasi pertama untuk tablet tersebut mampu mendominasi pasar tablet yang kini masih didominasi oleh Apple.

Honeycomb mempunyai daya lebih besar dibandingkan sistem operasi sebelumnya, sehingga penggunaan untuk konferensi video lebih cepat, menurut teori.

Fitur-fitur utama Honeycomb adalah tabulasi (bukan windows), mendukung grafik 3D, tombol navigasi yang lembut, lima home screen yang bisa diubah sesuka hati, widget-widget baru, bisa terintegrasi dengan Bluetooth, didukung prosesor multicore.

Di saat yang bersamaan peluncuran Honeycomb, Google juga mengenalkan cara baru membuat uang kepada para pengembang dengan membuat aplikasi untuk Android mengingat cepatnya pertumbuhan komputer tablet.

Menurut pengamat dari BGC Colin Gillis, kehadiran Honeycomb belum bisa mengimbangi kekuatan Apple. Gillis mengatakan hal tersebut mengingat orang ada yang rela mengantri untuk mendapatkan iPad ketika pertama kali dikenalkan untuk umum.

Google berharap para pengembang bisa menjual apapun melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui Android Market karena aplikasi tersebut nantinya bisa diakses melalui perangkat Android apapun, ponsel ataupun tablet.

Berdasarkan data dari perusahaan riset Canalys, penjualan Google Android telah mengungguli Apple selama kwartal keempat 2010. Namun belum bisa dipastikan apakah Google mampu menyaingi pasar komputer tablet.

Saat ini tersedia lebih dari 100 ribu aplikasi untuk perangkat Android, sedangkan Apple memiliki 300 ribu aplikasi.

(Berbagai sumber)

SHARE