Kanker Payudara Penyakit Paling Mematikan

0
38

.Kanker merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. World Health Organization (WHO) memperkirakan sekitar 84 juta orang akan meninggal akibat kanker, terutama kanker payudara yang paling mematikan antara tahun 2005-2015. Setiap tahun, pada tanggal 4 Februari, WHO mendukung lembaga kesehatan International Union Against Cancer untuk mengkampanyekan pencegahan kanker dan pemberian semangat kepada pasien.

Satu dari tujuh wanita akan mengalami kanker payudara dalam hidupnya. Tetapi hingga kini masih banyak wanita yang tidak mengetahui tentang penyakit tersebut. Spesialis kanker payudara dari University of Michigan Comprehensive Cancer Center mengatakan, bahwa banyak wanita yang masih sering salah paham mengenai penyakit kanker payudara. Mitos di bawah ini mungkin sering Anda dengar, tetapi coba baca penjelasan para ahli tentang mitos tersebut.

1. Anda akan terkena kanker payudara, jika memiliki riwayat keluarga yang mengidap penyakit tersebut. Kanker payudara tidak selalu dipengaruhi oleh faktor genetik. Sebanyak 80 dari 85 wanita mengidap kanker payudara tanpa faktor turunan.

2. Saya terlalu muda untuk khawatir tentang kanker payudara. Kanker payudara dapat menyerang wanita dari segala usia. Umumnya, penyakit ini memang menyerang wanita pasca-menopause. Tetapi 25 persen wanita pengidap kanker payudara berusia di atas 50 tahun.

Sejak usia remaja, wanita sebaiknya mulai menjalani skrining mamografi. Kanker payudara tidak menunggu Anda hingga tua untuk terkena penyakit itu. Jika Anda merasakan ada benjolan pada payudara, pada usia berapa pun sebaiknya segera periksakan diri ke dokter ahli kanker.

Setiap perubahan pada payudara Anda harus mendapat perhatian serius. Dianjurkan setiap bulan memperhatikan kondisi payudara di depan cermin, atau pada saat mandi dengan telentang. Anjuran ini didasari bukti bahwa sekitar 90 persen tumor payudara dapat dideteksi oleh wanita itu sendiri. Penelitian menunjukkan banyak wanita menunda untuk ke dokter jika mereka menemukan gumpalan pada payudaranya karena mereka takut memiliki kanker.

(berbagai sumber)

SHARE