Spa Ikan Miliki Resiko Penyebaran Penyakit

0
42

.Spa ikan atau terapi gigitan ikan cukup populer karena diyakini mampu melepas kepenatan dan stres, serta membuat kulit halus. Tetapi para ahli kesehatan memperingatkan bahwa spa ikan mengandung beberapa resiko penyebaran penyakit. Apalagi jika ikan yang digunakan bukanlah jenis Garra rufa atau dikenal sebagai ikan dokter.

Ikan Garra rufa telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai spa alami di Asia dan Turki, dan selama beberapa waktu spa ikan berkembang hingga ke berbagai negara. Garra rufa pemakan sel-sel kulit mati pada manusia. Ikan-ikan ini sering digunakan untuk perawatan kecantikan kaki (pedikur) dan mengobati gejala psoriasis. Namun kelemahannya adalah ikan Garra rufa tidak boleh digunakan berulang kali. Konsumen harus memastikan dulu bahwa kolam yang digunakan untuk spa ikan sudah dibersihkan dengan disinfektan.

Seorang peneliti Martin Grassberger, MD dari Universitas Kedokteran Wina, menemukan banyak spa di Amerika menggunakan ikan Chinchin, karena harganya lebih murah. Ikan Chinchin memiliki gigi pada usia tertentu. Gigitan dari ikan Chincin yang memiliki gigi akan mengoyak kulit dan membuatnya terluka. Luka tersebut akan menjadi sarana masuknya berbagai bakteri, bahkan penyebaran penyakit menular melalui darah seperti Hepatitis B.

Hal inilah yang membuat para ahli kesehatan khawatir bahwa spa ikan bisa menyebarkan infeksi kepada pelanggan. Kekhawatiran ini muncul karena sebagian besar spa ikan menggunakan kolam yang digunakan bersama-sama atau bergiliran antara pelanggan. Sekarang ini, ada 14 negara bagian di Amerika Serikat yang melarang penggunaan ikan untuk perawatan spa, termasuk Texas dan Florida.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat Anda ingin melakukan spa ikan:

1. Ikan harus disimpan dalam sebuah tangki air dengan filter ultraviolet
2. Memakai kolam yang berbeda untuk setiap pelanggan
3. Tidak menggunakan ikan berulang kali.
4. Sebelumnya, kaki pelanggan harus dibersihkan, dan spa tidak boleh menerima orang yang memiliki infeksi jamur

(berbagai sumber)

SHARE