Cara Cepat Atasi Kram

0
46

.Kram merupakan kontak paksa otot tanpa sadar. Pada kondisi normal, otot bekerja secara simultan dengan
otot-otot lain. Misalnya, ketika menggerakkan tungkai, maka otot yang
mendukung kepala, leher, dan otot di tubuh mendukung postur tubuh.
Demikian pula dengan otot-otot lain ketika digerakkan.

Otot kejang,
ketika otot yang seharusnya tidak bekerja ikut berkontraksi. Kram saat olahraga mungkin saja terjadi. Namun, kita tak perlu panik sebab ahli fisiologi olahraga, Fabio Comana memiliki cara cepat untuk menghilangkan rasa sakit pada otot yang menegang tersebut.

– Minum: Dehidrasi adalah salah satu penyebab kram. Ini terjadi karena tingkat elektrolit tubuh terpengaruh ketika kita kekurangan cairan. Minumlah setidaknya 600 ml air, tiga jam sebelum beraktivitas. Setelah itu, minum lagi sebanyak 250 ml setiap 15 menit selama latihan.

– Lenturkan Otot: Hentikan aktivitas yang tengah kita lakukan, lalu cobalah melenturkan otot di area yang terasa sakit selama 20-45 detik, atau hingga rasa sakit hilang. Kram adalah gejala otot yang tegang. Jadi, melenturkan otot adalah solusi yang tepat.

– Tekan bagian yang kram: Hal ini dapat membantu melepaskan ketegangan otot. Selain itu, tekanan juga akan merangsang reseptor otot untuk melepaskan ketegangan.

– Pijat area yang sakit dengan keras: Seperti ketika kita sedang menguleni adonan kue. Cara ini merupakan gabungan kedua metode sebelumnya, yakni melenturkan dan menekan.

Kekurangan beberapa vitamin juga bisa menyebabkan kram, seperti vitamin
B1, B5 dan B6. Beberapa kram melibatkan serentak kontraksi otot yang
biasanya bergerak di bagian tubuh yang berlawanan arah. Kram juga bisa
terjadi jika aliran darah ke otot yang terkena itu berkurang. Secara karkteristik, kram itu pasti sakit. Biasanya penderita harus
menghentikan aktivitas apapun dan mencari bantuan. Kram yang sangat
parah mungkin terkait dengan rasa nyeri yang disertai dengan
pembengkakan, dan secara tersirat otot akan menjadi besar, dan akan
berasa kuat.

(berbagai sumber)

SHARE