Akupunktur Tak Efektif untuk Pemulihan Stroke

0
35

.Akupunktur sering digunakan menjadi rehabilitasi saat pemulihan penyakit stroke, walaupun efektivitasnya tidak pasti. Ternyata, akupunktur tidak dapat membantu pemulihan stroke, menurut sebuah studi yang diterbitkan CMAJ (Canadian Medical Association Journal).

Penelitian ini merupakan sebuah tinjauan sistematik yang dilakukan oleh para peneliti di Korea Selatan dan Inggris. Mereka melibatkan 10 studi dengan total 711 pasien yang pernah menderita stroke. Dr Edzard Ernst, dari Peninsula Medical School, Exeter, Inggris, mengatakan, “Mayoritas studi yang ada menunjukkan bahwa akupunktur tidak efektif untuk penyembuhan penyakit stroke.” Ernst dan rekan mencatat bahwa dua studi menunjukkan efek positif yang sangat bias.

Ernst dan timnya menyimpulkan bahwa efektivitas akupuntur untuk rehabilitasi stroke hasilnya negatif. Temuan ini menuai komentar, antara lain dari Dr Hongmei Wu dari Rumah Sakit China Barat, Universitas Sichuan di Chengdu, Cina. Ia mengatakan bahwa temuan tersebut harus ditafsirkan secara hati-hati.

Ia memperingatkan bahwa studi ini mengandung beberapa kelemahan. Karena itu Dr Wu menyerukan adanya percobaan berskala besar, teliti, dan dirancang dengan baik untuk lebih memahami efek akupunktur bagi pemulihan stroke.

(berbagai sumber)

SHARE