Alergi Atau Intoleransi?

0
61

.Alergi dan intoleransi, serupa tapi tak sama. Biasanya hal ini terjadi akibat mengonsumsi beberapa makanan terterntu. Apa bedanya alergi dan intoleransi?

Gejala alergi muncul sangat cepat. Hanya dalam hitungan menit atau bahkan detik. Keadaan ini muncul akibat sistem kekebalan tubuh yang menjadi sedikit kacau, karena bereaksi dengan alergen dalam makanan. Alergen adalah zat pemicu alergi.

Tubuh akan membangun antibodi untuk menyerang alergen itu. Zat kimia pertahanan pun dilepaskan. Banyak reaksi alergi yang muncul dari sini, seperti bersin, bengkak (ruam), muntah, dan diare.

Berbeda dengan alergi, maka intoleransi sama sekali tidak berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Perut mulas adalah hal yang akan sering diungkapkan si kecil ketika mengalami intoleransi. Meski demikian, gejala yang dimiliki intoleransi dan alergi adalah sama.

Catat apa saja makanan yang Anda berikan pada si kecil. Makanan baru hanya boleh diberikan dengan frekuensi empat hari sekali selama pengenalan makanan tambahan selain ASI.

Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter untuk penanganan yang lebih serius.

(Berbagai sumber)

SHARE