Diet yang Membuat Gemuk

0
39

.Kesalahan kecil ketika menjalani program diet, bisa menjauhkan kita dari impian memakai celana jeans dengan ukuran ideal. Ini bisa terjadi karena timbangan badan tidak menunjukkan keberhasilan program diet yang kita jalankan. Lalu di mana letak salahnya? Mari kita cek bersama.

1. Memotong kalori dengan drastis.

Untuk membabat 5 Kg berat badan, kita memilih untuk hanya mengkonsumsi buah dan sayur sup setiap hari. Karena kita percaya dengan memangkas habis-habisan kalori makan dengan sendirinya berat badan berkurang. Tapi tahukah bahwa ternyata saat kita melakukan hal itu, metabolisme tubuh ikut melambat. Alhasil saat kita berhenti berdiet, kemampuan tubuh untuk membakar kalori tetap lambat. Inilah mengapa tumpukan lemak menjadi lebih cepat menumpuk dibandingkan sebelum kita berdiet.

2. Minum air putih terlalu sedikit.
Ini adalah kesalahan diet yang paling sering dilakukan tetapi paling mudah diperbaiki. Air putih sangat penting untuk proses pembakaran kalori. Jadi ketika kita membiarkan diri mengalami dehidrasi, maka metabolisme tubuh tidak akan lancar. Ini sudah dipastikan akan memperlambat proses penurunan berat badan. Sebuah penelitian juga membuktikan, responden yang minum air putih lebih banyak, pembakaran kalorinya lebih optimal dibanding yang mengurangi asupan air putih. Jadi jangan lupa mengisi penuh gelas kita dengan air putih ketika menikmati menu utama atau camilan.

3. Anti camilan.
Memang, penyebab utama naiknya berat badan adalah karena kita mengemil terlalu sering. Tetapi ini bukan berarti kita harus menghindari rutinitas menikmati camilan. Sebab penelitian membuktikan, responden yang makan utamanya tidak terlalu banyak dan tetap menikmati camilan dua kali sehari, lebih mampu mengendalikan nafsu makannya. Alhasil, mereka lebih cepat menurunkan berat badan dibanding yang tidak mengemil sama sekali. Camilan sebenarnya membantu proses metabolisme tubuh, apalagi jika camilan yang kita pilih tinggi protein. Jenis protein yang tetap nikmat untuk dijadikan camilan adalah kacang-kacangan.

4. Menjauhi produk olahan susu.
Susu, keju, dan es krim biasanya sangat dihindari oleh orang yang sedang berdiet. Tapi sebenarnya trik ini bisa menjadi senjata makan tuan. Sebab penelitian membuktikan, tubuh akan membakar lebih banyak lemak ketika suplai kalsium dalam tubuh tercukupi. Namun ini bukan berarti kita cukup mengandalkan suplemen kalsium agar tubuh membakar banyak lemak. Yang perlu kita lakukan berdasarkan saran para ahli diet adalah, menikmati produk olahan susu yang aman seperti susu rendah lemak, keju, dan yogurt.

5. Menimbang berat badan setiap hari.
Saat kita menimbang berat badan setiap hari, itu adalah tanda-tanda mengalami kejenuhan dalam menjalani program penurunan berat badan. Jika kita bertekad menghilangkan 0,5-1 Kg setiap minggunya, sebaiknya menimbang berat badan saat akhir minggu. Ini akan lebih memotivasi, daripada setiap hari naik ke atas timbangan berat badan.

6. Menghindari olahraga.
Apabila kita tidak berolahraga maka beban terbesar dari hasrat menurunkan berat badan adalah pada makanan yang kita pilih. Sedangkan saat kita melengkapi program diet dengan olahraga, kita masih bisa menikmati makanan yang kita sukai. Yang perlu kita lakukan hanyalah mencari olahraga yang benar-benar kita sukai. Jika berolahraga di atas treadmill dirasa tidak menyenangkan, cobalah untuk menari, bersepeda, atau berenang. Bahkan berjalan kaki saja bisa dengan mudah membabat tumpukan lemak dalam tubuh.

(berbagai sumber)

SHARE