Menaklukkan Kilimanjaro

0
59

.Gunung yang berdiri megah di timur laut Tanzania ini mendapatkan namanya dari bahasa Swahili, yaitu kilima yang berarti gunung dan njaro yang berarti bercahaya. Sedangkan dalam bahasa Masai, Kilimanjaro dikenal dengan nama Kilima Dscharo atau Oldoinyo Oibor yang berarti gunung putih. Puncaknya yang bernama Uhuru Peak merupakan destinasi impian bagi para pendaki gunung profesional. Menaklukkan atap setinggi 5.895 meter di Afrika adalah sebuah pengalaman yang penuh eforia, dimana keberhasilan petualangan Anda sepenuhnya bergantung pada persiapan Anda. Oleh karena itu persiapan Anda untuk menaklukkan puncak bersalju ini sebaiknya sudah Anda niati sejak sebulan sebelum keberangkatan. Selebihnya, setidaknya ada dua hal yang dapat membantu memperbesar peluang Anda untuk menaklukkan Kilimanjaro, yaitu:
 
1. Tentukan terlebih dahulu kapan waktu pendakiannya. Dalam hubungannya dengan iklim dan cuaca, untuk melihat Kilimanjaro dalam bentuknya yang luar biasa, datanglah dari bulan Juni hingga Oktober, atau kalau Anda sudah tidak sabar, di bulan Februari ini. Bulan April-Mei serta November sebaiknya Anda hindari kalau tidak ingin merasakan ganasnya hujan badai a la Tanzania. 

 
2. Pilih rute penjelajahan Anda. Browsing di internet dan membaca buku panduan tentang segala cara menaklukkan Kilimanjaro adalah sesuatu yang layak -dan dianjurkan- untuk Anda lakukan. Setidaknya ada 6 rute yang bisa anda pilih, masing-masing dengan sifat, mood, dan karakteristik yang berbeda-beda, sama seperti manusia. Rute Marangu tergolong mudah, jauhnya sekitar 70km dan setidaknya membutuhkan waktu jelajah 5 hingga 6 hari; Rute Lemosho adalah salah satu yang menyajikan keindahan panorama yang luar biasa di sepanjang 70 kilometernya, masa tempuh sekitar 7 sampai 8 hari; Rute Shira terkenal dengan jalur 4WDnya dan memiliki jarak tempuh sekitar 56 kilometer dan dapat Anda taklukkan dalam 5 sampai 6 hari; Rute Machame adalah yang paling terkenal -dipilih oleh sekitar 80% wisatawan-, memiliki panjang 62 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 7 hari; Rute Umbwe adalah kebalikannya, yaitu rute paling sepi dan paling susah untuk dijelajahi. Butuh persiapan mental dan kondisi tubuh yang prima untuk menaklukkan rute sepanjang 53 kilometer ini dalam 6 hari; dan Rute Rongi adalah yang terjauh, dengan jarak sekitar 80 kilometer dan waktu tempuh 6 sampai 7 hari.

 
Meskipun banyak tantangan yang akan menanti untuk Anda taklukkan, namun di sana juga akan ada banyak keindahan dan pengalaman menyenangkan yang menanti Anda. Flora dan fauna yang hanya bisa Anda lihat di tayangan safari serta film animasi tersedia dan telah menanti Anda, dan jangan lupakan juga keindahan matahari terbenamnya yang menginspirasi Toto untuk membuat sebuah lagu balada berjudul Africa. Untuk melengkapinya, bawalah sebuah bantal kecil sebagai hadiah pendakian dan teman memandang bintang, serta kamera untuk mengabadikan petualangan paling dahsyat dalam hidup Anda. 

 
(Berbagai sumber)

SHARE