Waspadai 5 Tanda Serangan Jantung

0
40

.Serangan jantung kini tak hanya menyerang usia lanjut, tetapi juga usia muda. Kisah beberapa pesohor negeri ini yang meninggal karena serangan jantung terjadi tak hanya sekali. Baiknya kita simak apa yang sebenarnya terjadi.

Serangan jantung tidak datang tiba-tiba, karena sebelum serangan itu muncul sudah ada tanda-tanda yang disampaikan tubuh. Tetapi, tanda-tanda ini memang sering diabaikan orang. Bahkan, menurut penelitian dari MIDAS di Milan, Italia, pada tahun 2006, hampir sekitar 52 persen penderita jantung koroner tidak mengalami nyeri dada atau sering disebut sebagai silent ischemia.

Dilansir dari Mayoclinic, jantung koroner adalah penyakit yang disebabkan oleh penyempitan atau penyumbatan arteri koroner. Arteri koroner yakni pembuluh darah yang akan menguras darah untuk membawa nutrisi dan oksigen, yang dibutuhkan oleh otot jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Jantung manusia memompa darah ke seluruh tubuh terus-menerus sekitar 4-5 liter per menit. Karena itu, jika aliran darah tidak lancar, hal ini dapat menyebabkan kerusakan otot jantung yang menyebabkan gangguan jantung memompa (gagal jantung) dan kematian.

Beberapa hal yang dapat memicu serangan jantung yakni, olahraga berlebihan, marah dengan banyak emosi atau kegiatan lain yang dilakukan secara berlebihan.

Setidaknya ada 5 tanda-tanda serangan jantung yang harus diwaspadai:

1. Merasa tekanan (ditekan, nyeri, terjepit dan dibakar), yang menyebabkan sesak nafas dan tersedak pada leher.
2. Rasa sakit dapat menyebar ke leher, lengan kiri dan punggung.
3. Rasa sakit bisa bertahan sekitar 15-20 menit dan terjadi terus menerus.
4. Keringat dingin, tubuh yang lemah, jantung berdebar-debar dan bahkan pingsan.
5. Rasa sakit dapat dikurangi ketika beristirahat, tetapi akan meningkat jika anda melakukan aktivitas.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah serangan jantung, seperti menjaga kadar kolesterol lemak darah, menjaga tekanan darah di bawah kontrol, berhenti merokok, menghindari makanan berlemak, konsumsi buah dan sayuran, berolahraga secara teratur, menurunkan berat badan dan mengurangi stres.

(berbagai sumber)

SHARE