Ajarkan Anak Menjauhi Junk Food

0
28

.Mengkonsumsi makanan redah kadar gizi atau junk food tampaknya sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, terutama di kota-kota besar. Bahkan tak jarang para orangtua justru mengenalkan makanan tidak sehat ini kepada anaknya sejak dini. Memang, sulit bagi seorang anak menolak makanan cepat saji yang mengundang selera karena lezat, tersedia dengan mudah, dan ditempatkan di tempat-tempat menarik, seperti dikutip dari Life.Com.

Baik Ayah maupun Ibu, kerapkali memanjakan buah hatinya dengan membelikan junk food. Tayangan televisi menyerang anak-anak dengan iklan makanan sampah disertai dengan hadiah mainan yang menarik. Tapi ingat, junk food mengandung kaya lemak dan rendah nutrisi, serta dapat mengakibatkan obesitas. Anak-anak yang kecanduan junk food tidak hanya beresiko terkena obesitas, tetapi pada saat yang sama, kehilangan nutrisi penting yang diperlukan bagi pertumbuhan kesehatan.

Anak-anak membutuhkan asupan kalsium bagi tulang, zat besi bagi darah, protein dan vitamin bagi pertumbuhan tubuh. Untuk itu, didiklah anak-anak Anda mengkonsumsi makanan sehat. Biasakan anak-anak makan banyak buah-buahan dan sayuran segar. Ajarilah mereka pentingnya makan pagi. Isilah kotak makan siang mereka dengan pilihan makanan sehat.

Ketika anak-anak ingin menikmati sebuah burger, pastikan ia mengonsumsi selada dan tomat di dalamnya. Mintalah mereka untuk juga meminum susu, daripada soda seperti cola. Kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat secara teratur adalah kunci untuk hidup sehat.

(berbagai sumber)

SHARE