Kantor Dalam Rumah

0
46

.Untuk Anda yang workaholic atau menjalankan bisnis pribadi dari rumah, memiliki ruang kantor di dalam rumah sangatlah penting. Tantangannya adalah bagaimana membuat kantor tersebut terasa nyaman bagaikan rumah, namun fungsinya sebagai kantor tetap berjalan dengan baik?

Untuk membuat ruangan kantor yang baik, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membereskan barang-barang. Jangan jorok dan kembalikan barang-barang di tempatnya semula! Rak menjadi benda penting di sini. Usahakan membuat meja kerja tetap bersih. Singkirkan segala kertas, buku, dokumen, majalah, pensil, dan banyak barang lainnya dari meja. Letakkan semua itu dan tata rapi di dalam lemari ataupun rak buku.

Batasi ruangan ini. Memang benar Anda sedang berada di rumah, namun bukan berarti Anda boleh diganggu dan tergoda oleh suara anak yang menangis memanggil-manggil Anda dari kamar tidurnya, siaran televisi program kesukaan Anda, dan lain-lain. Berikan pintu, curtain, sekat portable ataupun kerai untuk membatasi Anda dari gangguan-gangguan di luar. Ingat, tujuan Anda membuat ruangan ini adalah untuk mendukung pekerjaan dengan lebih baik! Jangan mudah teralihkan perhatian Anda.

Buatlah ruangan kantor senyaman mungkin. Semakin nyaman Anda, semakin betah Anda berlama-lama di sana untuk bekerja. Pajangan-pajangan hasil karya seni seperti patung atau lukisan akan cukup menghibur. Jangan pula meremehkan warna dinding. Warna putih akan membuat ruangan terasa dingin dan sangat kaku, layaknya kantor pada umumnya. Berikanlah warna lain yang lebih menenangkan, seperti sapuan biru, hijau, atau lavender. Hindari warna kuning dan merah yang akan terlalu tajam diterima mata.

Pastikan ruang kerja Anda memiliki cukup cahaya. Berikanlah lampu yang lumayan terang di atas langit-langit dan lampu meja. Bila perlu, buatlah atap yang transparan seperti rumah kaca. Sehingga Anda akan mendapatkan penerangan langsung dari sinar matahari.

Ready to work?

(Berbagai sumber)

SHARE