Menunggang Ombak di Denmark

0
60

.Air yang memisahkan pulau-pulau di Denmark biasanya tenang, tanpa riak dan gelombang. Untuk menciptakan keseimbangan, Henning Larsen Architects membangun dua buah ombak artifisial dalam bentuk bangunan residensial 9 lantai bernama the Wave yang menghantam tepian Vejle. 

 
Proyek awal ini telah memenangkan hati para arsitek papan atas Eropa yang menjadi juri LEAF Award yang prestisius dan menganugerahi proyek the Wave in Vejle dengan gelar Multiple Residential Building of The Year. 

 
The Wave merupakan gabungan dua buah bangunan yang disambungkan oleh sebuah papan yang dibungkus dengan ubin keramik. Permukaannya yang bergelombang bagai ombak dihiasi oleh balkon dan dinding kaca yang menyajikan pemandangan indah fjord di pelataran, dan lanskap rural di sebelah kanan-kirinya. Masing-masing gedung terdiri dari 21 unit apartemen -beragam, dari 4 unit di lantai dasar dan 1 buah di lantai teratas- yang selalu mendapatkan penerangan alami, serta memiliki foyer dan parkiran berbentuk podium bertepi metal yang langsung berhadapan dengan kawasan pejalan kaki dan tepian teluk Vejle. Sebuah mahakarya yang tak kalah mempesona dengan gedung Opera House di Sydney, salah satu gedung ikonik yang juga buatan arsitek Denmark -Jorn Utzon- sekitar 50 tahun yang lalu.

 
(Berbagai sumber)

SHARE