Selamat Tinggal Sakit Punggung

0
28

.Punggung serta otot-otot perut adalah pusat kestabilan tubuh. Sayangnya, bagi banyak orang punggung menjadi titik paling lemah tubuh karena beban yang seringkali diberikan pada area punggung, misalnya dengan memakai tas ransel.

Karena itu, sering kali punggung terasa sakit dan nyeri. Tidak ada obat-obatan yang bisa secara total menyembuhkan atau mencegah rasa nyeri tersebut untuk datang kembali. Obat-obatan tersebut hanya dapat menghilangkan rasa sakit atau nyeri selama beberapa saat.

Tetapi, sebenarnya Anda hanya memerlukan beberapa penyesuaian kecil dalam kegiatan sehari-hari untuk mengurangi dan menghindari sakit punggung. Apa sajakah penyesuaian yang perlu dilakukan?

Tingkatkan aktivitas dan olahraga
Mungkin ini bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan hingga punggung yang sedang sakit benar-benar sembuh. Namun, aktivitas atau olahraga seringan apapun dapat membantu proses penyembuhan.? Hindari mengangkat benda berat dan miliki postur tubuh yang baik. Mengangkat benda apa pun yang berat dengan teknik yang salah, dapat menimbulkan masalah bagi punggung. Saat Anda mengangkat sebuah benda, bertumpulah pada kaki karena otot-otot terkuat terdapat pada kaki

Perhatikan tas yang dipakai
Tas selempang yang hanya dikenakan pada satu bahu dapat membahayakan punggung karena menaruh beban hanya pada satu sisi bahu saja. Begitu pula dengan tas ransel, jangan membawa terlalu banyak barang dan memberatkan kedua bahu dan punggung.

Kasur baru
Bila Anda mengalami masalah punggung yang serius, Anda harus tidur di atas kasur yang agak keras karena dapat membantu punggung di saat tidur.

Jangan stres
Stres menyebabkan naiknya tekanan darah dan membuat otot-otot menjadi tegang, keduanya dapat mengakibatkan masalah punggung. Stres juga dapat membuat otot-otot dari leher sampai punggung bagian bawah menjadi tegang. Hindarilah stres dan segera atasi masalah yang sedang dihadapi, serta minumlah banyak air untuk membuang racun-racun yang berada di dalam tubuh.

(berbagai sumber)

SHARE