Cina Revisi Peraturan Transplantasi Organ

0
28

.Pemerintah Cina sedang merevisi peraturan transplantasi organ. Setelah direvisi, peraturan tersebut akan diumumkan pada Maret mendatang. Demikian dikatakan Wakil Menteri Kesehatan Cina Huang Jiefu. “Ini akan memberikan pijakan hukum legal kepada Palang Merah Cina untuk membuat dan menjalankan sistem organ sumbangan di Cina,” kata Huang dalam sebuah pernyataan yang dilansir situs Xinhua.

Perubahan peraturan transplantasi organ tersebut akan diperbarui setelah diperkenalkan sejak 2007 silam. “Dengan perubahan tersebut, Cina selangkah lebih dekat untuk membangun sebuah sistem donasi organ nasional, yang sedang berjalan sebagai sebuah proyek percontohan di 11 provinsi dan wilayah sekarang. Dengan demikian, menjamin pembangunan berkelanjutan dan transplantasi organ sehat menyelamatkan lebih banyak nyawa,” imbuh Huang.

Tanggung jawab Palang Merah itu, juga termasuk mendorong para veteran untuk menyumbang organ secara sukarela, menetapkan daftar calon donor dan menyusun registrasi orang yang menunggu untuk menerima sumbangan organ yang cocok.

Saat ini, sumbangan organ datang terutama dari relawan dan tahanan yang memiliki kontrak tertulis dengan keluarganya. Proses ini diletakkan di bawah pengawasan ketat dari Departemen Kehakiman.

Saat ini sekitar 10.000 transplantasi organ dilakukan setiap tahunnya di daratan Cina. Diperkirakan, sekitar 1,3 juta orang sedang menunggu untuk ditransplantasi. Namun, akhir-akhir ini terjadi kekurangan pada sistem donor organ tingkat negara, sebelum proyek percobaan ini diluncurkan pada Maret 2010.

(berbagai sumber)

SHARE