Langkah kecil Maksimalkan Menyikat Gigi

0
47

.Rutin menyikat gigi setiap hari dan usai makan itu baik. Tetapi menunda menyikat gigi selama 1 jam setelah makan itu paling baik! Mengapa? Sebab kandungan asam yang ada di dalam makanan dan minuman dapat merusak lapisan enamel gigi, serta menyebabkan alat pengunyah gigi menjadi lebih rentan rusak, jelas drg.Fransis Ferorita dari Tooth?s Kingdom Dental Care.

Kita tidak selalu tahu seberapa tinggi kandungan asam yang ada dalam makanan dan minuman setiap harinya. Oleh karena itu dianjurkan agar kita tidak langsung menyikatnya usai makan. Tunggulah selama 1 jam terlebih dahulu, baru selanjutnya kita bersihkan sisa-sisa makanan yang ada di mulut. Dalam kurun waktu 1 jam tersebut, kandungan asam akan berkurang dan lapisan enamel gigi juga akan mengeras kembali.

Untuk mempercepat proses penetralisiran asam di dalam mulut, kita bisa berkumur dengan air putih atau teh tanpa gula terlebih dahulu. Hal tersebut tidak hanya membantu menurunkan kadar asam, air putih dan teh juga bisa membunuh jamur penyebab gigi tanggal. Jangan lupa, menyikat gigi yang benar yakni minimal dua kali sehari, setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Pada waktu tidur, produksi air liur berkurang, sehingga menimbulkan suasana asam di mulut.

Jika saat itu ada sisa-sisa makanan di gigi, mulut semakin asam dan kuman pun akan tumbuh subur, sehingga membuat lubang pada gigi. Dengan menyikat gigi, sifat asam ini bisa dicegah. Buat kebiasaan sehat kita semakin maksimal dengan memperhatikan waktu yang tepat untuk menggosok gigi!

(berbagai sumber)

SHARE