Nokia Akhirnya Mengalah Kepada Windows Phone

0
62

.Pabrikan asal Finlandia yang sempat mendapatkan julukan “handphone sejuta umat” di Indonesia, akhirnya memutuskan akan menggunakan sistem operasi Windows Phone.

Keputusan ini kemungkinan akan disahkan saat rapat tahunan perusahaan, Capital Market Day hari Jumat ini. Keputusan tersebut berdasarkan menurunnya pembagian pasar ponsel Nokia di seluruh dunia dengan adanya gempuran iPhone, Android dan BlackBerry.

Tindakan ini dilakukan oleh CEO baru Nokia, Stephen Elop. Siapakah beliau dan apa latar belakangnya? Elop yang menggantikan Olli-Pekka Kallasvuo sebagai CEO Nokia adalah mantan kepala divisi bisnis Microsoft. Dia mulai memimpin Nokia sejak 21 September 2010 dan diharapkan dapat membawa Nokia melalui perubahan ditengah hiruk-pikuknya persaingan ponsel pintar dunia. Elop juga diharapkan membawa perubahan pada keuangan perusahaan. Itulah yang dikatakan Elop saat konferensi di Helsinki seperti dilansir WSJ.

Sebelum bergabung dengan Microsoft, Elop adalah COO perusahaan jaringan Juniper Network Inc. dan Direktur Adobe. Semuanya memang tidak membukukan pengalaman di dunia ponsel, tapi Elop sangat paham mengenai pasar Amerika Utara.

Selama ini CEO Nokia selalu orang Finlandia, Elop adalah orang Kanada pertama yang memimpin perusahaan asal Finlandia tersebut. Surat kabar Finlandia banyak mengkritik tindakan Nokia karena mengangkat orang Amerika menjadi CEO.

Saat ini Nokia sedang meluncurkan ponsel pintar terbarunya, N8 yang dilengkapi dengan sistem operasi Symbian 3, Intel dan Meego.

(Berbagai sumber)

SHARE