PC Kalah Laku Dibanding Ponsel Pintar

0
21

.Berdasarkan hasil riset oleh IDC yang dikeluarkan hari Senin lalu (07/02), untuk pertama kalinya penjualan ponsel pintar seperti iPhone melebihi penjualan PC.

Penjualan di seluruh dunia, ponsel pintar selama tiga bulan terakhir tahun 2010 mencapai 100,9 juta unit. Meningkat 87% sejak tahun sebelumnya. Sedangkan pengiriman PC hanya meningkat 3% menjadi 92,1 juta unit.

Menurut pengamat Ramon Llamas dari IDC, kedua tren tersebut sebenarnya tidak berhubungan, ponsel pintar dan komputer mempunyai fungsi berbeda dan umumnya konsumen membutuhkan keduanya. Komputer tetap penting untuk mengetik, mengedit foto dan mengerjakan hal lain.

Penjualan PC banyak ditekan oleh penjualan komputer tablet dari Apple, iPad. Sementara penjualan ponsel pintar banyak dibantu oleh program promosi dan diskon. Banyak konsumen yang memborong ponsel saat sedang diskon dan promosi, seperti halnya selama bulan Desember kemarin ketika Nexian mengadakan promosi ponsel bersistem operasi Android-nya, Journey. Produk tersebut langsung ludes bahkan sebelum akhir bulan.

Faktor lain meningkatnya penjualan ponsel juga berkat hadirnya ponsel Android yang menggandeng berbagai merk, termasuk HTC, Samsung, Motorola dan lain-lain.

Faktor berikutnya sudah pasti pergantian ponsel lebih cepat dari komputer. Bagi gadget freak, setiap ada barang baru pasti langsung ganti. Beda dengan komputer yang umumnya diganti setiap 4-5 tahun sekali.

(Berbagai sumber)

SHARE