Rumus Bebas Penyakit

0
51

.
Jangan merokok, hindari junk food, pantau terus lingkar pinggang, dan berjalan kakilah! Mungkin kita sudah sering mendengar nasihat di atas ribuan kali. Tapi, tahukah Anda, jika benar-benar menjalankan keempat hal tersebut, kita mampu menurunkan kesempatan terkena sebagian besar penyakit kronis hingga 80%.

Fakta itu dipublikasi dalam Archives of Internal Medicine yang pernah meneliti kesehatan, gaya hidup, dan pola makan dari 23.513 orang dewasa di Jerman, dengan kisaran usia 35-65 tahun. Para peneliti menemukan para relawan yang menjalankan pola hidup sehat, cenderung jarang terkena penyakit, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Studi ini juga menyertakan analisis detil mulai dari tinggi dan berat badan, riwayat kesehatan, frekuensi makan, serta bagaimana para relawan mengikuti keempat gaya hidup sehat  dalam 8 tahun penelitian ini berlangsung. Percaya atau tidak, keempat gaya hidup sehat itu adalah nasihat yang sering kita dengar, yaitu tidak merokok, berolahraga setidaknya 3,5 jam seminggu, menjaga berat badan, mengikuti pola makan tinggi buah, sayuran, roti gandum utuh, dan membatasi asupan daging-dagingan.

Kebanyakan dari relawan menjalani satu gaya hidup. Hanya 9% dari mereka yang mengikuti keempat gaya hidup yang dianjurkan. Para peneliti kemudian menemukan bahwa relawan yang mengikuti semua kebiasaan sehat dapat menurunkan risiko perkembangan penyakit kronis, seperti diabetes, kardovaskular, dan kanker hingga 78%, dibandingkan relawan yang tidak menjalani gaya hidup sehat sama sekali.

Secara khusus, jika keempat gaya hidup sehat ini dilakukan, mampu menurunkan risiko diabetes hingga 93%, serangan jantung sampai 81%, stroke 50%, dan kanker sebesar 36%. Para peneliti mengatakan betapa pentingnya untuk mengadopsi dan mengajarkan kebiasaan sehat ini sedini mungkin.

Anda ingin selalu sehat dan terhindari dari penyakit yang mematikan? Hindari rokok (jika Anda seorang perokok, segera berhenti), selalu jaga berat badan, lakukan aktivitas fisik setidaknya 3,5 jam seminggu, dan jalankan pola makan sehat kaya buah, sayuran, gandum utuh, serta kurangi daging merah, saran Earl S. Ford, MPH, salah satu peneliti.

(berbagai sumber)

SHARE