AXIS Jakarta International Java Jazz Festival "Remarkable Indonesia, Harmony Under One Nation"

0
82

.Remarkable Indonesia. Sebuah penyataan yang selalu ada di tagline AXIS Jakarta International Java Jazz Festival selama dua tahun terakhir ini. Bila pada 2010, tagline berbunyi “Jazzin’ Up Remarkable Indonesia”, maka di AXIS Jakarta International Java Jazz Festival 2011 yang diselenggarakan pada tanggal 4, 5, 6 Maret 2011 di JIExpo Kemayoran, menggunakan tagline ‘Remarkable Indonesia, Harmony Under One Nation’. Salah satu hal yang menyebabkan Indonesia ‘remarkable‘ adalah karena di negara yang bahkan jauh dari tanah kelahiran musik jazz, negara yang selama bertahun-tahun tidak terlalu dianggap di hingar-bingar kiprah musik dunia (termasuk jazz) bisa menyelenggarakan sebuah festival jazz yang menjadi salah satu festival jazz terbaik dan terbesar di dunia. Beberapa musik ternama dunia menyebut Jakarta (Indonesia) telah menjelma jadi pusat jazz dunia, sejajar dengan New Orleans, New York, Chicago, yang telah lama dikenal sebagai pusat kehidupan jazz.

Remarkable Indonesia dalam jelmaannya sebagai tujuan musisi jazz bukan hanya merupakan kebanggaan, namun sekaligus menjadi tantangan buat industri musik, dan khususnya bagi musisi jazz Indonesia. AXIS Jakarta International Java Jazz Festival telah menjadi salah satu terbesar, setelah itu harus meningkat menjadi tempat pencinta jazz dari seluruh dunia dapat menyaksikan kehebatan musisi jazz Indonesia sejajar dengan musisi internasional. Sehingga yang mendapat predikat ‘remarkable‘ bukan hanya festivalnya, tapi juga musisinya dan Indonesia secara keseluruhan.

Harmony Under One Nation. Musisi, penonton, manajer, artists’s agents, event organizer, penata panggung, sound engineer, penata lampu, penata artistik, jurnalis, pekerja booth, sales promotion girl, dan siapapun yang hadir di JIExpo Kemayoran pada tanggal 4, 5, 6 Maret 2011 untuk AXIS Jakarta International Java Jazz Festival 2011 merupakan saudara sebangsa, bangsa yang mencintai musik (jazz).

Dengan perannya masing-masing secara bersama-sama membentuk keselarasan agar AXIS Jakarta International Java Jazz Festival  sukses terselenggara, menjadi kegembiraan, dan meninggalkan kesan akan sebuah harmoni yang dirajut oleh musik jazz. Kesan inilah yang menjadi pesan yang ingin disebarkan ke seluruh dunia, ‘In a remarkable country like Indonesia, Jazz brings harmony under one nation’.

(Ghiboo)

SHARE