Benarkah Cokelat Lebih Menyehatkan dari Buah?

0
68

.Ada kabar gembira bagi si pecinta cokelat. Setelah ditelaah secara klinis, ternyata makanan yang disukai banyak orang ini, dinilai memiliki manfaat kesehatan yang lebih baik daripada jus buah. Para peneliti menemukan, bahwa cokelat mengandung lebih banyak komponen tumbuhan dibandingkan jus buah.

Studi ini dilakukan para ilmuwan di Hershey Centre for Health & Nutrition. Mereka bahkan menyatakan bahwa cokelat merupakan makanan super, karena memiliki kadar antioksidan tinggi, sehingga dapat mencegah proses oksidasi serta menghentikan kerusakan sel-sel tubuh yang sehat.

Perbandingan juga dilakukan antara cokelat hitam, kakao, coklat hangat, dan jus buah. Hasilnya, terbukti bahwa coklat gelap dan kakao memiliki banyak antioksidan serta polyphenol lebih banyak daripada buah-buahan seperti, acai berry, cranberry dan buah delima.

Antioksidan serta polyphenol dipercaya bisa melindungi tubuh dari penyakit-penyakit seperti kanker dan kelainan jantung. Sementara cokelat panas tergolong kurang sehat karena telah melalui proses pengolahan.

“Biji kakao seharusnya disebut sebagai ‘buah super’. Selain itu, produk-produk yang dihasilkan biji kakao seperti bubuk kakao maupun dark chocolate seharusnya disebut sebagai ‘makanan super’,” ujar Dr Debra Millar, yang memimpin penelitian tersebut. “Ini adalah kabar bagus untuk para pecinta cokelat,” tambah Millar seperti dilansir Zeenews.

(berbagai sumber)

SHARE