Kakak Beradik Asal Bandung Ciptakan Antivirus Baru

0
31

.Kakak beradik, Arival (13) dan Taufik Aditya Utama (15) menemukan antivirus baru yang dinamakan Artav. Kedua remaja asal Bojongsoang Kabupaten Bandung tersebut ditemukan karena kebutuhan, karena komputer mereka sering kena virus, seperti yang dilansir Republika. Nama antivirus tersebut merupakan kependekan dari Arival Taufik Anti Virus).

Arival merupakan pelajar kelas 8 SMP Negeri 24 Kota Bandung, sedangkan kakaknya adalah siswa kelas 1 SMA Negeri 25 Bandung. Mereka menemukan antivirus ini sekitar bulan April 2010 lalu dan hingga saat ini sudah banyak digunakan oleh para pengguna komputer.

Arival bertugas membuatkan programnya, sedangkan kakaknya, Taufik yang membuat rancangan. Penemuan tersebut tentu saja bukan secara kebetulan, namun merupakan hasil kerja kerasnya mengutak-atik komputer.

Prestasi anak bangsa asal Bandung tersebut rupanya menarik perhatian operator seluler XL Axiata yang kemudian memfasilitasi pendaftaran hak paten untuk temuan mereka.

“Saya akan buatkan antivirus untuk program mobile. Artav ke depan akan dikembangkan untuk layanan berbayar dan bebas (free),” kata Arival yang pengagum pemilik Microsoft, Bill Gates itu.

Yang membanggakan adalah kedua siswa sekolah menengah ini tidak mempunyai latar belakang IT. Ayahnya merupakan pensiunan karyawan di perusahaan elektronika dan mereka membuat antivirusnya di warung internet (warnet).
.
Vice President XL Axiata Central Region, Kencana Wibowo mengatakan, “Kami apresiasi terhadap karya mereka, salah satunya memfasilitasi peralatan laptop dan memfasilitasi hak paten bagi penemuan mereka.”

Selamat kepada Arival dan Taufik, semoga antivirusnya terus berkembang dan mumpuni.

(Berbagai sumber)

SHARE