Nikmati Yoga Tanpa Rasa Pusing

0
748

.Saat mengalami tekanan atau stres, banyak orang melarikan diri dengan melakukan yoga. Namun, apakah Anda pernah merasa pusing atau mual saat melakuakn yoga? Atasi masalah ini dengan mengetahui penyebabnya, seperti :

Makan terlalu dekat dengan waktu latihan
Usai makan, oksigen akan diarahkan ke organ pencernaan. Sehingga asupan oksigen ke otak menjadi berkurang, dan menyebabkan kantuk. Kondisi lambung yang penuh oleh makanan, kemudian berkontraksi saat yoga akan menimbulkan rasa mual dan pusing. Karena itu, beri jarak waktu 2-3 jam antara makan dan berlatih yoga.

Salah bernapas
Supaya lebih fokus, beberapa orang sering tanpa sadar menahan napas saat melakukan pose yoga. Hasilnya, Anda akan merasa pusing karena asupan oksigen ke otak berkurang. Bagi para pemula yang cara bernapasnya belum terlalu dalam, disarankan mengikuti gerakan yoga hingga benar-benar terbiasa terlebih dahulu. Kemudian, kalau sudah bisa baru diselaraskan dengan napas.

Memiliki tekanan darah tinggi atau rendah
Kondisi ini membuat Anda tidak terlalu siap untuk mengikuti kelas yoga yang terlalu dinamis. Jadi, ikutilah kelas yoga bagi pemula, agar bisa beradaptasi dengan segala teknik yang dilakukan.

Banyak pikiran saat berlatih
Hal ini akan membuat Anda kehilangan konsentrasi dan kenikmatan saat latihan. Konsentrasi yang buyar akan membuat pikiran tidak seimbang dan kepala pusing. Cobalah untuk rileks. Nikmati saat-saat yoga dengan memperhatikan gerakan tubuh.

Tidak fit
Saat performa tubuh sedang tidak baik, lakukan pose-pose yoga yang lebih restoratif ketimbang dinamis. Ada baiknya jika Anda mengikuti kelas yoga yang gerakannya lebih ringan, atau lebih baik beristirahat dulu di rumah, setelah pulih baru kembali berlatih.

Ventilasi kurang baik
Kelas yoga yang terlalu penuh dan kondisi ventilasi tidak baik, akan membuat para peserta saling berebut udara di dalam ruangan. Usahkan mencari kelas yang lebih sepi.

(berbagai sumber)

SHARE