Si Kecil Sudah Bisa Berjalan

0
30

.Senangnya bisa menyaksikan pertumbuhan anak setiap saat. Hari demi hari, Anda selalu antusias menunggu dan bertanya-tanya dalam hati, “Apa lagi yang bisa dilakukan anakku hari ini?”

Berjalan adalah salah satu langkah besar dalam perkembangan si kecil. Pada umumnya seorang anak akan mulai mampu berjalan menggunakan kedua kakinya sendiri sejak menginjak usia satu tahun, namun banyak juga anak yang sedikit terlambat untuk dapat berjalan sendiri. Tahap perkembangannya pun bervariasi. Ada yang merangkak terlebih dahulu, tapi banyak juga yang ‘melompati’ masa merangkak dan langsung berjalan. Si kecil akan menarik dirinya ke atas, berdiri, dan melakukan beberapa langkah kecil dengan sendirinya.

Bila buah hati belum juga berjalan pada umurnya yang kedua belas bulan, maka tidak perlu cemas. Cepat atau lambatnya seorang anak berjalan bergantung pada fleksibilitas tubuhnya. Semakin tidak fleksibel dirinya, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mampu berjalan, karena perkembangan ototnya pun berjalan lambat.

Perhatikan buah hati Anda. Bila kaki dan jari-jari kakinya kaku, hanya menggunakan lengan untuk menarik tubuhnya agar dapat berdiri, duduk dengan membebankan tubuh hanya ke satu sisi, dan membutuhkan tangannya untuk tetap dapat duduk, maka kemungkinan si kecil akan mengalami kesulitan saat belajar berjalan. Tanyakan pada dokter, apa anak memerlukan perawatan khusus.

Beberapa anak terlambat berjalan bukan karena ketidakmampuan fisik, namun karena tidak adanya inisiatif dari dirinya. Bantu dia! Dorong dirinya untuk mau berjalan. Posisikan tubuh Anda tiarap di lantai dan goda dia. Bermainlah dengan anak di lantai dan saat mulai gemas, ia akan mendatangi Anda dengan berjalan!

(Berbagai sumber)

SHARE