Tall And Tan And Young And Lovely… Rio de Janeiro

0
19

.Tak ada yang lebih menggairahkan selain melihat Rio de Janeiro yang sedang berbenah, mempercantik wajah, dan mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016. Kota terbesar kedua di Brasil dan berada di bagian paling tenggara ini terkenal akan banyak hal, termasuk Pegunungan Corcovado -spot paling sempurna untuk menangkap panorama kota-, semenanjung Botafogo, pantai Leme, acara tahunan Rio Carnival, dan tentu saja pantai Copacabana serta pantai Ipanema yang begitu melegenda.

Saat ini kawasan Porto Maravilha sedang menjadi primadona dengan kucuran dana untuk pembangunan berbagai mega proyek, seperti Museum of Tomorrow karya arsitek asal Spanyol Santiago Calatrava, gedung pertunjukan dan aula konser Cidade da Musica karya arsitek Christian de Portzamparc, serta Museum of Image and Sound yang pengerjaannya ditangani oleh Diller Scofidio + Renfro. Kawasan Centro dan Lapa kini selalu dimeriahkan oleh berbagai pagelaran musik dan pameran seni, sedangkan daerah Botafogo telah menemukan jati dirinya dengan menjadi kawasan hiburan malam paling trendy saat ini.

Untuk menyajikan akomodasi yang menawan bagi pelaksanaan pesta olahraga Piala Dunia dan Olimpiade, pihak manajemen Hotel Nacional tengah melakukan renovasi besar-besaran, sedangkan miliarder asal Brazil, Eike Batista, terlihat tidak segan mengucurkan pundi-pundi uangnya untuk membiayai kembalinya Hotel Gloria di tahun 2011 ini.

Dalam urusan fashion dan retail, kawasan Leblon dan Ipanema yang hip akhir-akhir ini semakin mematangkan posisinya sebagai kiblat bagi para desainer muda dan independen untuk berkarya. Gilda Midani adalah salah satu yang paling terlihat mempesona, dengan butik kecil di tepi pantai dan bengkel kerja yang berlokasi di salah satu unit rumah susun di kota Rio.

Dengan berbagai penyegaran serta gairah yang mengaliri setiap sendi kehidupan kota ini, tak mengherankan kalau di tahun 2011 ini kota Rio de Janeiro meraih predikat sebagai Best City versi salah satu majalah urban paling terkenal di dunia. Bravo, Rio…

(Berbagai sumber)

SHARE