Sebuah Doodle Dari Google Untuk Thomas Alva Edison

0
49

.Hari ini adalah hari ulang tahun ke-164 Thomas Alva Edison, dan untuk merayakannya, Google juga membuat sebuah doodle baru yang menunjukkan beberapa penemuan Edison yang paling terkenal dalam bentuk gambar animasi bola lampu yang berpijar, tepat di huruf L. Seperti yang telah Anda ketahui, bola lampu pijar merupakan salah satu penemuan manusia yang paling penting -thanks to Mr. Edison- dan telah merevolusi cara manusia dalam membawa penerangan dalam rumah mereka, dan tentu saja membuka jalan bagi berbagai penemuan lain di bidang teknologi.

Thomas Alva Edison adalah sosok jenius, visioner, dan multi talenta. Pria yang mendapat julukan Penyihir dari Menlo Park ini sepanjang hidupnya telah mematenkan lebih dari 1.100 hasil penemuan, yang terentang dari bola lampu pijar yang paling terkenal hingga boneka fonograf. Sebagai bentuk penghargaan atas dedikasinya dalam kemajuan peradaban, pemerintah Amerika merubah nama daerah Menlo Park -tempat dia mendirikan laboratorium dan bengkel penemuannya di New Jersey- menjadi Edison pada tanggal 10 November 1954.

Dan tahukah Anda bahwa diantara 1.100 penemuannya tersebut, Thomas Alva Edison pernah membuat baterai besi-nikel yang didesain khusus untuk armada mobil listrik. Tentu saja pada saat itu ide brilian ini tidak mendapatkan tanggapan sesuai yang dia harapkan dari para produsen mobil, termasuk Detroit Electric dan Baker Electric, raksasa industri mobil kala itu. Suatu ketika pernah dikabarkan Thomas Alva Edison menyelipkan selembar kertas pada Henry Ford dalam salah satu acara gala diner yang diselenggarakan oleh industrialis legendaris asal Amerika ini. Bunyi pesan di dalamnya cukup simple, hanya berupa sebait tulisan yang berbunyi “Mobil listrik sudah mati”. Di dunia lain sana, mungkin saat ini Thomas Alva Edison sedang tertawa ngakak melihat polah dan tingkah manusia yang kebingungan mencari sumber tenaga alternatif pengganti BBM, termasuk untuk mobil mereka.

(Berbagai sumber)

SHARE