Soda Tingkatkan Risiko Stroke

0
25

.Anda yang suka mengkonsumsi minuman soda apalagi jika diminum setiap hari, harus berhati-hati. Minuman ringan ini, diketahui memiliki efek buruk bagi kesehatan. Sebuah penelitian menunjukkan soda dapat meningkatkan risiko terkena stroke.

Hannah Gardener, seorang ahli epidemiologi di University of Miami Miller School of Medicine melihat, adanya peningkatan yang signifikan di antara mereka yang minum soda setiap hari dan mereka yang tidak minum soda.

“Risiko ini meningkat hingga 61 persen,” kata Gardener yang akan mempresentasikan penelitiannya di Konferensi Stroke Internasional 2011 di Los Angeles, pekan depan.

Stroke adalah penyebab utama kematian nomer tiga setelah penyakit jantung dan kanker. Menurut American Stroke Association, di Amerika Serikat lebih dari 137.000 orang per tahun meninggal akibat stroke.

Penelitian sebelumnya menunjukkan mereka yang minum lebih dari satu minuman bersoda sehari, lebih mungkin terkena sindrom metabolik atau faktor risiko tekanan darah tinggi, peningkatan trigliserida (lemak darah ), kadar kolesterol HDL rendah dan gula darah tinggi. Sindrom metabolik, pada gilirannya, meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Gardener dan rekan-rekannya mengevaluasi kebiasaan minum soda dari 2.564 orang di Northern Manhattan dan melihat apakah ada hubungannya dengan stroke. Hasilnya, setelah 9 tahun kemudian, sebanyak 559 orang yang rata-rata berusia 69 tahun, memiliki gangguan pembuluh darah (vaskular), termasuk menderita stroke yang disebabkan oleh perdarahan dan pembekuan (stroke iskemik).

Para peneliti juga mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti usia, jenis kelamin, etnis, aktivitas fisik, asupan kalori, merokok dan kebiasaan minum alkohol. Peneliti menemukan mereka yang minum soda setiap hari memiliki 61 persen menderita gangguan pembuluh darah.

(berbagai sumber)

SHARE