Amankah Suntik Vitamin C?

0
63

.Terpikir untuk melakukan suntik vitamic C setiap hari? Sebab katanya, suntik vitamin C bisa mencegah dari berbagai penyakit. Benarkah demikian?

Sebelum menjawab rasa penasaran Anda, dr. Alyya Siddiqa, Sp.FK., spesialis farmakologi, akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai konsumsi vitamin C.

Lazimnya, vitamin C diberikan secara oral dengan dosis 500 mg sampai 1 gr per hari. Hal ini untuk melengkapi vitamin C yang sudah didapat dari makanan.

Sedangkan pemberian vitamin C melalui tindakan suntik langsung melalui pembuluh darah menyebabkan vitamin berada dalam aliran darah hingga 100 persen. Sementara pemberian secara oral menyebabkan formulasinya mengalami perombakan, sehingga tidak utuh lagi.

Untuk dosis vitamin C melalui suntikan, biasanya dalam dosis besar, bahkan dapat mencapai 10 gr per hari. Berbagai penelitian menduga, vitamin C dapat membunuh sel kanker, namun tidak mengganggu sel sehat.

Namun menurut dr. Alyya, hal ini masih dalam tahap penelitian. Termasuk pernyataan, dosis besar tidak menimbulkan efek samping pada pasien yang tidak mengalami gangguan fungsi ginjal.

Jadi, sebelum Anda melakukan suntik vitamin C, sebaiknya dipertimbangkan dan konsultasikan pada dokter ahli yang mengerti tentang dosis yang baik pemberian suntik vitamin C.

SHARE