Gadis 8 Tahun Habiskan Rp. 13 Juta Main Game

0
40

.Hati-hati para orangtua! Seorang gadis berusia 8 tahun bernama Madison mengejutkan orangtuanya dengan tagihan iTunes sebesar $1.400 (sekitar Rp. 13 juta). Gadis kecil tersebut suka sekali bermain game Smurfs’ Village dari iPhone (mungkin milik orangtuanya) dan membeli banyak smurfberriy, barang virtual dalam game tersebut.

Sang mama, Stephanie Kay mengatakan bahwa anaknya sudah lama mainkan game tersebut dan dia tidak menyangka bahwa putrinya sering membeli item-item tersebut.

Melihat tagihannya membludak, Kay mengajukan keluhan ke Apple dan berhasil mendapatkan pengembalian penuh atas pembelian smurfberry tersebut. Namun sebelum mengajukan keluhan, Kay mengatakan aplikasi game Smurfs’ Village seperti memang dirancang untuk anak menghabiskan uang orangtuanya. Harga item tersebut cukup mahal, $90 (sekitar Rp. 800 ribu) per transaksi. Logikanya, game ini untuk anak berusia 4 tahun ke atas, untuk apa diadakan pembelian item dengan uang nyata.

Smurfs’ Village buatan Capcom ini sebenarnya game gratis, namun memang ada beberapa konten berbayar dengan uang sungguhan. Dikabarkan pengguna dapat mengunci kemampuan untuk beli konten dengan pengaturan di perangkat, seperti yang tertera di halaman iTunes. Namun perlu dicurigai, apakah peringatan tersebut baru dipasang setelah kasus atau sebelum?

Jadi, awasi anak Anda ketika bermain game di ponsel. Mana tahu mereka mulai membeli barang-barang virtual dengan uang Anda.

(Berbagai sumber)

SHARE