Mari Menikmati Hari Ini!

0
47

.Apakah Anda pernah berpikir apa bedanya kebahagiaan dengan kegembiraan? Bila ditelisik lebih jauh, kebahagiaan adalah keadaan berkepanjangan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang dapat membuat hidup Anda merasa sempurna. Sedangkan kegembiraan adalah reaksi murni yang muncul ketika Anda bisa menikmati satu momen singkat secara sempurna.

Meski kegembiraan berlangsung singkat, tapi apabila Anda bisa menghadirkan sensasi rasa tersebut secara berkelanjutan, maka akan membentuk kebahagiaan yang berkepanjangan. Dan sebenarnya tak sulit untuk ‘menabung’ kegembiraan, cukup lakukan hal-hal sederhana berikut :

1. Dengarkan lagu-lagu yang bisa membuat Anda merasa gembira. Alunan musik yang bisa membuat Anda mengangguk-anggukan kepala atau bernyanyi sebenarnya tak hanya melatih kepekaan terhadap nada dan irama, juga meningkatkan kerja transmisi dalam saraf. Dan saat mendengarkan musik yang membuat Anda merasa gembira, maka otak akan menyimpannya sebagai memori kebahagiaan. Apabila Anda terus mengulang memori tersebut maka secara tidak langsung ‘tabungan’ kebahagiaan akan terus bertambah.

2. Perdalam rasa cinta Anda pada hal yang membuat bahagia. Caranya? Percaya atau tidak, setiap aspek dalam hidup Anda itu adalah reaksi sensori yang dipengaruhi oleh referensi pengetahuan. Misalnya, Anda adalah termasuk pecinta wine. Dan untuk mengetahui wine mana yang paling baik, caranya bukanlah dengan mencicipi semua jenis wine yang ada, sebab cara ini kurang efektif.

Yang dapat Anda lakukan adalah pergi ke restoran yang menyediakan kelas mencicipi wine dengan seorang sommelier atau ahli wine. Ahli wine ini akan memberi tahu Anda tak hanya bagaimana cara mencium dan mencicipi wine, tapi juga akan memberikan pengetahuan bagaimana wine terbaik diproses.

Artinya, untuk bisa merasakan kebahagiaan hidup Anda harus mengawalinya dengan hal-hal yang menggembirakan. Tapi jangan puas sampai di sana, naikkan terus level kegembiraan Anda hingga merasa kebahagiaan yang lengkap.

3. Jangan takut untuk memberi. Anda manusia adalah mahluk yang suka memperhatikan sekitar. Dan ketika Anda melakukan satu kebaikan pada sekitar, maka Anda merasa bahagia. Jadi jangan pernah ragu untuk mengundang kebahagiaan dengan berbagi atau memberi terhadap sesama. Tak perlu sesuatu yang mewah, melakukan donor darah adalah satu cara sederhana yang bisa melengkapi rasa bahagia Anda.

4. Memiliki hewan peliharaan. Penelitian membuktikan, ketika Anda melakukan kontak fisik terhadap binatang, maka akan menimbulkan reaksi kimiawi di otak. Reaksi itu adalah reaksi kebahagiaan dan menekan hormon stres.

5. Cobalah untuk tersenyum. Bila Anda sedang sedih, tersenyum adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan. Tapi percayalah, dengan sedikit baris senyum di bibir maka dengan seketika mood Anda akan kembali ceria.

Mengapa? Sebab ketika merasa ceria maka orang sekitar akan mengirimkan signal ceria yang sama. Inilah yang nantinya akan menciptakan siklus energi positif di sekitar Anda dan menghapus rasa sedih tersebut.

Sekarang Anda sudah punya modal awal untuk menabung kebahagiaan, ayo terus perbanyak ‘saldonya’ karena hidup begitu berharga untuk disia-siakan 🙂

(berbagai sumber)

SHARE