‘Diklat’ Imunisasi

0
55

.Bayi tidak bisa dipisahkan dari vaksin ataupun imunisasi. Beberapa penyakit yang belum ditemukan obatnya, seperti hepatitis dan polio dapat dicegah dengan pemberian vaksin sejak dini pada si kecil. Vaksin sendiri merupakan obat untuk membantu tubuh menghasilkan antibodi yang berfungsi melindungi diri dari penyakit. Apa saja dan bagaimana imunisasi diberikan?

Beberapa hari setelah anak lahir seharusnya langsung diimunisasi.exambusiness exam Contoh imunisasi dasar yang wajib didapat buah hati adalah vaksin BCG, DPT, polio, campak, hepatitis B. Waktu pemberian vaksin tidak boleh sembarangan dan harus bertahap. Misal, BCG diberikan saat si kecil berumur dua bulan. Sedang DPT dan polio diberikan ketika telah berusia 3, 4, 5 bulan, dan seterusnya. Meski banyak yang hanya diberikan sekali pada anak – seperti BCG, namun ada juga beberapa vaksin yang diberikan secara berulang. Imunisasi DPT polio, misalnya, didapatkan si kecil saat berumur dua bulan dan berulang nanti ketika dirinya sudah
It exam pdf berumur tiga atau empat bulan.

Asal vaksin dapat diklasifikasikan menjadi dua menurut cara perolehannya, yakni imunisasi aktif dan pasif.

Imunisasi aktif adalah kekebalan tubuh yang didapat karena tubuh secara aktif membentuk zat antibodi. Imunisasi aktif dibagi menjadi dua, aktif alamiah dan aktif buatan. Bila tubuh mendapatkan kekebalan tubuh secara alami setelah sembuh dari penyakit, maka ia baru saja mendapat imunisasi aktif alamiah. Sedang imunisasi aktif buatan didapat dari vaksin yang sengaja diberikan agar melindungi tubuh dari penyakit.

Zat kekebalan tubuh yang didapat dari luar disebut imunisasi pasif. Imunisasi ini juga terbagi dua, pasif alamiah dan pasif buatan. Imunisasi pasif alamaiah berarti antibodi sang anak diperoleh langsung dari ibunya, ketika masih berada dalam kandungan. Sedang melakukan suntikan serum untuk mencegah penyakit tertentu dapat membuat buah hati memperoleh imunisasi pasif buatan.

Baca terus Ghiboo untuk mengetahui hal-hal lain seputar imunisasi atau vaksin!

(Berbagai sumber)

 

SHARE