Mengoleksi Dengan Cerdas

0
39

.Tanpa kita sadari, seringkali kita mengumpulkan sesuatu. Setelah melihat beberapa buah jam tangan tergeletak di atas meja, mainan yang memenuhi ruangan, komik yang bertumpuk di atas lemari, atau mungkin kantong belanja yang rapi tersimpan dalam kotak istimewa, Anda baru menyadari bahwa ternyata diam-diam Anda memiliki benda koleksi juga. Dan apapun bentuknya, setiap koleksi secara spiritual sama berharganya.

Namun kadang kegiatan mengumpulkan sesuatu ini juga berdasarkan atas sebuah keputusan yang kita buat dan kita sadari sebelumnya. Misalnya saja Anda adalah seseoranghttp://www.exambusiness.com
yang sering bepergian ke luar kota, atau ke luar negeri. Untuk mengenang setiap perjalanan yang pernah Anda lakukan, Anda memutuskan untuk membeli setidaknya satu buah kenang-kenangan di setiap tempat yang Anda singgahi.

Dalam kasus yang pertama ataupun yang kedua, di dunia ini tidak ada seorang pun yang dapat memberitahu Anda tentang apa yang seharusnya Anda koleksi. Meskipun demikian, setidaknya kumpulkanlah sesuatu yang benar-benar membuat Anda tertarik dan Anda sukai, serta lakukan dengan sepenuh hati. Sesuatu itu bisa saja benda yang begitu mencuri perhatian Anda ketika berjalan-jalan di pertokoan di suatu senja, atau misalnya sesuatu yang tak habis-habisnya Anda pandangi setiap kali Anda memasuki toko pernak-pernik. Dan sebuah koleksi tidak harus terpaku pada jenis benda, karena banyak juga yang mengoleksi sesuatu berdasarkan warna ataupun bentuknya.

Setelah menemukan sesuatu yang begitu mencuri perhatian, saran terbaik yang dapat Ghiboo berikan adalah Beli Dengan Hati. Jika Anda menyukai dan mampu membelinya, maka miliki benda tersebut. Sebuah koleksi seharusnya adalah sesuatu yang dapat Anda nikmati, lebih baik lagi kalau mampu menghadirkan perasaan lengkap dalam hidup Anda. Dan sebuah koleksi tentu saja tidak harus berupa sesuatu yang dapat mendatangkan keuntungan di masa depan. Itu bukan koleksi, melainkan investasi, dan seharusnya diserahkan pada para ahli untuk mengurusi.

Kadang kala hadir sebuah label yang sanggup memacu degup jantung para kolektor. Label tersebut tak lain dan tak bukan adalah “limited edition”. Semua benda pada hakikatnya dapat dibuat dalam edisi terbatas, semua itu sepenuhnya tergantung pada produsennya. Istilah edisi terbatas dapat mengacu pada tahun benda tersebut diproduksi, jumlah produksi, ataupun kolaborasi dalam proses produksi.

Perhatikan juga kondisi barang koleksi Anda sebelum membelinya dan pastikan bahwa Anda hanya membeli barang dengan kondisi terbaik yang bisa Anda temukan. Sepotong gerabah dengan retakan setipis rambut atau piring kaca yang bernoda bukanlah koleksi yang sempurna, kecuali kalau benda tersebut masuk dalam golongan langka dan purba. Ketika membeli sebuah barang yang akan Anda tambahkan dalam koleksi Anda, hindari beberapa kata berikut ini: karat, lecet, retak, potongan/bagian tidak lengkap, sobek, pudar, dan bernoda.

Kadang ketika kita sudah terlanjur termakan eforia suatu benda, kita jadi cenderung mengesampingkan ketidaksempurnaan ini. Jangan lakukan karena penyesalan adalah sesuatu yang menyakitkan. Dan jika koleksi Anda datang dalam kotak khusus, ini artinya benda tersebut akan lebih berharga kalau dilengkapi dengan kotak bawaannya. Jadi, simpan kotaknya.

Dalam hal perawatan, berikan exambusiness perhatian yang lebih bagi barang-barang koleksi Anda. Ini berarti menjuhkannya dari sinar matahari kalau ternyata terpaan sinar matahari langsung dapat membuat pudar barang koleksi Anda, menyimpannya dengan hati-hati kalau kondisinya rapuh dan perlu penanganan ekstra, serta mengetahui cara terbaik untuk membersihkannya.

Hal cerdas terakhir yang bisa Anda lakukan adalah bergabung atau berkenalan dengan orang-orang yang memiliki koleksi yang sama dengan Anda. Akan ada banyak manfaat, kesenangan, dan gairah baru ketika bertemu dan berkumpul, serta membicarakan hal yang Anda sukai bersama. Selain itu, Anda juga dapat memperkaya pengetahuan Anda tentang koleksi yang Anda sukai. Sebuah klub atau asosiasi adalah sumber informasi yang menakjubkan bagi fans atau kolektor seperti Anda. Selamat mengoleksi…

(Berbagai sumber)

SHARE