10 Hal Yang Harus Dimiliki Seorang Backpakers Sejati

0
23

.Secara umum, backpackers memiliki karakterisitik sebagai wisatawan dengan perjalanan panjang dengan budget yang ringan. Dengan demikian secara otomatis mereka memiliki bekal dan pengemasan yang berbeda dibanding wisatawan pada umumnya. Pergulatan bersama transportasi umum jarak jauh dan kemungkinan tidur di akomodasi yang “menakjubkan” adalah sebagian dari kenyataan yang harus dihadapi seorang backpakers sejati. Oleh karena itu, jika Anda telah siap dengan petualangan yang menakjubkan namun minim anggaran, 10 perlengkapan di bawah ini adalah sesuatu yang harus Anda miliki.

1: Salinan paspor dan dokumen perjalanan. Tentu saja pisahkan paket ini dari aslinya, untuk menghindari situasi terburuk seandainya suatu saat mengalami kehilangan atau kecopetan. Buat juga salinannya dalam bentuk soft copy, kirim ke alamat e-mail Anda dan anggota keluarga sebagai dokumentasi.

2: Sabuk penyimpan uang atau kantong keamanan. Cara terbaik untuk menjaga keamanan uang dan dokumen berharga Anda selama melakukan perjalanan adalah dengan menyimpannya di bawah pakaian Anda dan lekat dengan tubuh Anda. Bawalah dompet yang hanya berisi sejumlah kecil uang tunai untuk membayar taksi, bus, dan makanan. Tentunya Anda tidak mau mengungkapkan tempat persembunyian semua uang dan kartu kredit Anda kepada semua orang bukan?!

3: Plug adaptor.
Beda ladang, beda ilalang, beda negara -apalagi benua- kadang kala beda juga plug adaptornya. Oleh karena itu, bekalilah diri Anda dengan plug adaptor yang memiliki variasi lubang colokan.

4: Headlamp. Jika Anda berencana untuk tidur di penginapan murah meriah dengan kemungkinan penerangan yang remang-remang, kehadiran headlamp Anda akan sangat berguna dalam hidup Anda. Cocok juga sebagai teman membaca dalam perjalanan kereta api malam.

5: Pisau Swiss army. Sebuah pisau multi fungsi adalah sesuatu yang essensial dalam ber-backpacking. Dengan gunting, pisau, pinset, pembuka kaleng dan botol, serta fungsi tambahan lainnya -obeng-mini, yang kehadirannya kadang seperti sebuah keajaiban- jadi satu dalam sebuah pisau lipat yang praktis, backpacking Anda akan terasa lebih mudah.

6: Tas plastik. Kehadiran tas plastik -lebih bagus lagi kalau berupa ziploc- adalah sebuah piranti tambahan yang sangat bermanfaat untuk menyimpan apapun, dari botol sampo mini hingga pakaian dalam yang belum cukup kering setelah dicuci di wastafel. Sempurna juga untuk menyimpan dokumen dan beberapa item penting Anda agar tetap dalam kondisi kering.

7: Gembok kecil. Hal ini sangat berguna untuk mengamankan barang-barang Anda atau mengunci loker yang disediakan oleh beberapa penginapan.

8: Bandana. Okay, mungkin masa Renegade sudah lama lewat, namun dalam semangat petualangn dan kebebasan, sebuah bandana memiliki seribu satu guna, mulai dari kain lap untuk mandi, pengganti tisue, penutup kepala, pelindung mulut dan hidung dari debu, penutup luka, dan bahkan sebagai ikat pinggang. Singkat kata, bandana is a must!!

9: Kantong tidur. Sebuah kantong tidur tipis dari katun akan sangat berguna tak hanya ketika kita harus tidur dalam kondisi yang dipertanyakan, namun juga ketika dalam bis dan kereta api. Benda ini juga dapat mendatangkan ketenangan pikiran dan waktu istirahat Anda dari gangguan serangga.

10: Tabir surya. Memang pada kenyataannya Anda masih dapat menemukan tabir surya dimanapun negeri yang Anda kunjungi, namun seringkali mereka datang dalam nilai nominal yang mahal. Untuk kepraktisan, bawa sendiri tabir surya Anda.

(Berbagai sumber) 

SHARE