Bakar Kalori dengan Bermain Sudoku

0
19

.Dalam keadaan duduk kita tetap bisa membakar kalori cukup banyak. Caranya ternyata sangat mudah yaitu dengan bermain teka-teki silang atau permainan angka seperti sudoku. Jadi, jangan khawatir kalori tubuh akan menumpuk jika Anda tidak sempat berolahraga.

Anda tetap bisa membakarnya dengan bermain sudoku, selain itu, otak pun menjadi terlatih. Bermain sudoku atau teka-teki silang selama satu jam, rata-rata bisa membakar 90 kalori. Sulitnya soal dan tantangan dari permainan tersebut memang sangat baik untuk melatih otak dan membakar kalori.

Hal itu karena sistem pada otak sama seperti organ tubuh lainnya. Saat berpikir keras otak membutuhkan banyak energi, dan energi itu diperoleh dengan membakar kalori.

“Otak kita membutuhkan 0,1 kalori setiap menitnya untuk bisa bekerja. Saat melakukan hal yang menantang otak dan membuatnya berpikir keras seperti bermain sudoku kita bisa membakar 1,5 kalori setiap menitnya,” kata Tim Forrester, peneliti dari Cannyminds.com.

Otak terdiri dari jutaan sel saraf yang disebut neuron. Neuronlah yang menyampaikan pesan dari otak ke seluruh organ tubuh. Neuron ini memproduksi zat kimia yang disebut neurotransmiter untuk bisa menyampaikan pesan.

Untuk menghasilkan neurotransmiter dibutuhkan glukosa, kalori dan oksigen. Nah, dengan melakukan permainan yang menantang otak seperti sudoku, otak akan banyak membakar glukosa dan kalori dalam tubuh untuk menghasilkan neurotransmiter. Jadi, mulai sekarang saat bersantai sore hari, bermainlah permainan yang menantang otak seperti, catur, sudoku, teka-teki silang atau puzzle.

(berbagai sumber)

SHARE