Debut Penuh Warna Boeing 747-8 Intercontinental

0
45

.Pesawat komersial Boeing 747-8 Intercontinental, atau yang disebut-sebut sebagai the next-gen Jumbo Jet, memulai debut penampilan perdananya hari ini di salah satu hanggar perusahaan Boeing di Renton, Washington. Selain memiliki penampakan sebagai pesawat komersial terpanjang dan terluas di kelasnya, Boeing 747-8i juga diklaim sebagai yang paling tenang dan paling hemat bahan bakar dibanding pesaing-pesaingnya di angkasa. Pesawat komersial Boeing 747 seri pertama dirilis pada tanggal 30 September 1968 dan sejauh ini telah ber-regenerasi sebanyak 4 kali, dengan seri 747-8i sebagai seri mutakhirnya.

Memang seri 747-8i hanya memiliki 467 kursi yang terbagi dalam tiga kelas dan dua dek -bandingkan dengan 525 kursi milik Airbus A380-, serta memiliki panjang 12 meter lebih panjang dibanding Airbus, namun Boeing 747-8i 11% lebih hemat bahan bakar sehingga mampu mengurangi biaya per penumpang hingga 6% secara keseluruhan. Hal ini dimungkinkan berkat penggunaan mesin inovatif GEnx dari General Electric dalam tubuh Boeing 747-8i. Kemampuan jelajah 747-8i yang menakjubkan -mampu menempuh jarak terbang hingga 8.000 mil laut- membuat dua buah kota diujung dunia seperti New York dan Hong Kong dapat ditempuh dalam sekali jalan, tanpa perlu berhenti sama sekali.

Di dalam pencahayaan LED yang lembut di seluruh kabin pesawat serta tersedianya lebih banyak ruang bagi barang-barang pribadi Anda, 747-8i mampu memberikan sebuah ilusi kenyamanan yang melenakan. Kelas pertama memiliki tempat duduk yang berdesain edgy, dan dapat dibentangkan 180 derajat hingga menjadi sebuah tempat tidur setengah tertutup untuk rasa kenyamanan dan privasi sepanjang perjalanan Anda. Beberapa maskapai penerbangan juga telah memesan berbagai fitur tambahan, termasuk kabin individual dengan kursi, meja, sistem hiburan serta tempat tidur yang terpisah. Penambahan area wine bar dan lounge di dek atas juga tak ketinggalan.

Kelas bisnis memiliki formasi kursi dua-tiga-dua dan dapat diputar 90 derajat miring ke lantai, sedangkan kelas ekonomi memiliki konfigurasi kursi tiga-empat-tiga, dengan ruang kompartemen yang lebih lega. Dalam balutan warna merah, oranye dan putih, pesawat yang akan mengubah dunia ini dijadwalkan akan mulai menghiasi angkasa sekitar bulan Maret tahun depan, dengan maskapai Korean Air serta Lufthansa sebagai maskapai pemilik 33 buah pesawat 747-8 Intercontinentals pertama di dunia.

(Berbagai sumber)

SHARE