Kenali Manfaat Apel

0
41

.Banyak jalan menuju sehat. Salah satu cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan adalah makan apel setiap hari. Sebuah studi membuktikan bahwa apel mengandung sejuta manfaat.

Satu buah apel terbukti bebas lemak, sodium dan kolesterol, serta memiliki kandungan serat yang tinggi. Tidak hanya itu, apel juga mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga mampu menangkal penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Saat Anda makan tanpa mengupas kulitnya, apel yang rendah kalori juga sarat akan kandungan kalium, asam folat, vitamin C dan kalsium. Apel juga dapat digunakan sebagai penurun demam yakni dengan cara memarutnya. Sedangkan apel yang dikukus dengan madu bisa digunakan untuk mengobati batuk kering dan menghilangkan lendir dari paru-paru.

Para penderita diabetes tidak perlu khawatir bila mengoonsumsi apel setiap hari, karena dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.  Selain kegunaan diatas, berikut fakta lain yang menyehatkan soal apel yang belum Anda ketahui:

– Apel segar bisa membantu melancarkan pencernaan karena mengandung malic dan asam tartarat yang menghambat fermentasi dalam usus.

– Kandungan seratnya yang tinggi bermanfaat membantu pencernaan, membuat eliminasi alami dan nyaman. Apel juga mengandung pektin, serat yang larut dan mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan dalam saluran pencernaan.

– Sebuah apel mengandung beberapa vitamin yaitu, vitamin A (74IU), B Tiamin (04 mg), Niacin (15 mg), C Absorbic Acid (8 mg) dan Riboflavin (03 mg). Juga berbagai macam mineral, seperti Kalsium (10 mg), Fosfor (100 mg), Besi (45 mg), Potassium (159 mg), dan Magnesium (12 mg).

SHARE