Kendalikan Nafsu Makan, Ibu Hamil!

0
38

.Menerapkan pola makan dan olahraga teratur yang benar setiap hari akan dengan sendirinya mengendalikan berat badan Anda ketika hamil.

Selain makanan bernutrisi dan bergizi, usahakan untuk minum – sekali saja – susu khusus untuk ibu hamil, yang mengandung vitamin dan zat besi yang cukup tinggi.
Ketahui jumlah kalori yang dibutuhkan dari jenis makanan tersebut dari ahli gizi atau dokter kandungan Anda. Sisa kalori tambahan bisa Anda peroleh dari sumber lain. Sebut saja susu UHT, es krim, atau makanan-makanan lain.

Untuk Anda yang sudah kelebihan berat badan, hindari olahraga berat, seperti jogging. Olahraga yang terlalu berat akan membahayakan janin dan mengakibatkan penghancuran lemak yang terlalu drastis, sehingga dikhawatirkan keton lemak dapat meracuni janin.

Lakukan saja olahraga-olahraga ringan, seperti jalan pagi atau berenang. Hal ini dapat membantu membakar kolesterol dan lemak dalam tubuh.

Berat badan Anda nanti akan ‘disumbangkan’ ke banyak ‘tempat’. Sebanyak 3-4 kilogram akan ditambahkan pada berat badan bayi. Plasenta atau ari-ari mendapat 500-700 gram dengan cairan tubuh bertambah 1-2 kilogram. Sedang sebanyak satu kilogram akan membantu pembesaran uterus atau rahim. Payudara pun ikut membesar, karena mendapat tambahan 0,5-1 kilogram dan sisanya sebanyak satu kilogram akan berada pada air ketuban.

Bukan hanya lemak yang akan membuat Anda ‘bulat’ sepanjang masa kehamilan, namun juga bertambahnya cairan dan besarnya jaringan yang sedang berkembang. Tapi tidak apa, big is beautiful, selama tetap sehat!

(Berbagai sumber)

SHARE