Mencegah Kebutaan dengan Omega 3

0
35

.Asam lemak omega 3 tidak hanya memiliki dampak positif pada kesehatan jantung, tetapi juga sistem visual. Asam lemak esensial terbukti dapat melindungi dua pemicu utama kebutaan pada manusia.

Hasil penelitian para ahli kesehatan mata dari Children’s Hospital Boston, Dr Lois Smith, menunjukkan bahwa omega 3 membantu mengatur pertumbuhan pembuluh darah di mata.

Ini berarti bahwa asam lemak dapat membantu mencegah penyakit mata seperti retinopati, yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih pembuluh mata yang bocor. Ini Termasuk sebagai degenerasi makula terkait usia, yang disebabkan oleh pertumbuhan abnormal pembuluh darah.

Asam lemak juga mengaktifkan protein yang meningkatkan sensitivitas insulin, yang menguntungkan penderita diabetes tipe 2. “Meski masih perlu penelitian klinis lanjutan, pasien bisa meningkatkan sensitivitas insulin dengan asam lemak omega 3 tanpa peningkatan risiko penyakit jantung,” kata Smith.  

Smith mengungkap hasil temuan tersebut melalui percobaan terhadap tikus. Meski percobaan dilakukan terhadap tikus, ia yakin konsumsi dua gram omega 3, mengandung senyawa asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EHA), per hari memberi manfaat sama pada manusia.

Penelitian Smith, yang diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine, menunjukkan bahwa tikus yang diberi makanan kaya omega 3 memiliki pertumbuhan pembuluh darah mata 50 persen lebih banyak, daripada tikus yang mengasup makanan kaya asam lemak omega 6.

Ini memperkuat penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa orang yang suka mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3, seperti ikan, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit mata, dibandingkan mereka yang jarang makan ikan.

Bersama dengan para peneliti dari National Eye Institute, Smith saat ini sedang melakukan pengujian untuk AREDS2, sebuah suplemen omega 3 yang akan dikembangkan untuk membantu orang dengan degenerasi makula.  Pengujian suplemen ini untuk mengatasi penurunan tingkat ketajaman akibat penuaan berlanjut sampai hingga 2013.

(berbagai sumber)

SHARE