Rahasia Langsing Tiga Negara

0
25

.Tubuh seksi dan langsing adalah dambaan setiap pria dan wanita. Namun, gaya hidup sekarang ini, sering menjadi penyebab meningkatnya berat badan dan lemak di tubuh kita. Kesibukan dengan berbagai aktivitas juga mengakibatkan jadwal makan tidak teratur. Makan besar yang harusnya dilakukan di siang hari menjadi malam hari. Akibatnya, naiklah berat badan kita.

Karenanya, tidak heran bila di televisi banyak ditawarkan cara-cara dan alat-alat pelangsing berat badan. Tak hanya itu berbagai obat-obat serta jamu susut badan menjadi barang dagangan yang laris di toko-toko obat. Namun banyak juga cara diet alami yang bisa Anda terapkan, misalnya dari tiga negara seperti Jepang, China, dan Perancis.

Diet Jepang: berhenti makan sebelum kenyang

Prinsip diet ala jepang adalah konsep “hara hachi bunme” yaitu berhenti makan sebelum kenyang. Di Jepang tiap jenis makanan disajikan dalam piring atau mangkuk kecil. Penyajian dalam porsi kecil ini akan mencegah kita makan berlebihan. Penelitian di University of Illimois, Amerika, membuktikan bahwa orang akan makan 45% lebih banyak jika disajikan dalam wadah besar.

Makanan juga disajikan dengan penampilan yang cantik dan menarik dengan setiap porsinya mengandung kombinasi makanan yang ideal. Misalnya, nasi dikombinasikan dengan ikan dan sayuran, yang diolah secara minimal menjadi beraneka sushi dengan tampilan menarik.

Selain itu, kebiasaan orang Jepang makan dengan perlahan dan merasakan tiap gigitan serta kunyahan makanan membantu mereka cepat kenyang. Tak hanya itu, kuliner jepang lebih sering dimasak dengan pengolahan minimal (bahkan dimakan mentah), direbus, dikukus, atau dibakar. Kesegaran bahan pangan, proses pengolahan atau pemasakan makanan yang minimal, akan memaksimalkan kandungan nutrisi dalam pangan nabati.

Diet China: menyeimbangkan Yin dan Yang

Diet china menerapkan filosofi keseimbangan Yin dan Yang makanan untuk menjaga keseimbangan dan harmoni tubuh. Misalnya, buah dan sayuran termasuk makanan Yin yang bersifat mendinginkan. Sedangkan daging, cabai, dan kopi termasuk makanan Yang dengan efek panas.

Orang China makan dengan waktu yang lama, karena mereka percaya bahwa makan dengan perlahan akan memberi waktu untuk mencerna makanan dengan baik dan tidak disarankan minum saat menyantap makanan. Karena cairan akan mendorong makanan lebih cepat tanpa sempat tercerna dengan baik.

Wanita China makan hingga mereka merasa kenyang, kemudian lansung berhenti. Mereka makan tiga kali sehari, dengan camilan dan buah-buahan segar. Makanan berkuah seperti sup, hampir selalu disajikan setiap waktu makan. Makanan berkuah akan membantu mengontrol nafsu makan dengan mengisi perut dengan cairan, sehingga bisa mencegah makan secara berlebian. Wanita China gemar meminum teh hijau yang bermanfaat meningkatkan metabolisme lemak di dalam tubuh dan menekan rasa lapar.

Diet Perancis: kontrol porsi dan makan dengan relaks

Inti dari diet ini adalah bagaimana kita menikmati dan menghayati proses makan, tanpa ada gangguan, seperti matikan televisi, jangan membaca buku, dan fokus pada makanan. Meskipun tidak ada larangan untuk mengkonsumsi makanan tinggi lemak, seperti daging, dan keju, disarankan pula mengkonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur dan minyak zaitun. wanita Perancis juga rajin mengkonsumsi yogurt sebanyak 1-2 porsi sehari, terutama pada pagi hari. Untuk camilan atau sarapan, wanita Perancis lebih suka makan sayuran dengan yogurt plus roti India.

(berbagai sumber)

SHARE