Apakah Mesir Masih Membuat Hati Anda Berdesir??

0
37

.Setelah masa pemerintahan 30 tahun Presiden Hosni Mubarak di Mesir kini telah berakhir, sebuah pertanyaan mengumuka: kapan kira-kira wisatawan akan kembali ke sana?? Seperti yang kita tahu, dalam beberapa minggu terakhir para penyelenggara tur dan jalur pelayaran telah melakukan perubahan jadwal, membatalkan tur dan bahkan mengalihkan kapal ke negara lain untuk menghindari kekacauan politik dan demonstrasi, sementara itu turis yang terjebak di sana merasa begitu terlantar akibat banyaknya penerbangan yang dibatalkan. Sebuah neraka bagi para wisatawan, padahal ekonomi Mesir selama ini sangat bergantung pada sektor pariwisata. Tahun lalu, negara ini dikunjungi sekitar 14,7 Juta pengunjung dan menghasilkan pendapatan hingga 11 Miliar USD.

Asosiasi penyelenggara tur asal Amerika, USTOA, baru-baru ini melakukan jajak pendapat cepat untuk melihat apakah perubahan dalam kepemimpinan ada kaitannya dengan pemulihan kondisi wisata. Dari 12 anggota operator tur yang tergabung dalam asosiasi tersebut, rata-rata mereka optimis akan kondisi wisata di Mesir, bahkan mereka telah membuka jadwal perjalanan bagi siapa saja yang ingin pergi ke Mesir mulai hari Senin ini. Beberapa penyelenggara tur menyatakan masih dalam kondisi memantau situasi dan baru berencana membuka jasa wisata ke Mesir pada akhir Maret nanti. Lainnya lagi kurang yakin, bahkan ragu-ragu untuk memulai tur ke Mesir setidaknya hingga bulan Oktober 2011 nanti.

Semenjak periode tanggal 6 Februari kemarin Departemen Luar Negeri AS dan negara lainnya mengeluarkan surat peringatan perjalanan yang pada intinya merekomendasikan warga mereka untuk menghindari perjalanan ke Mesir. Akibatnya berbagai monumen dan museum di seluruh Kairo sepi, bahkan piramida Giza yang telah dibuka kembali setelah penutupan 12-hari, hanya dikunjungi tak lebih dari selusin orang. Padahal dalam kondisi biasanya, dimana situasi politik damai dan cuaca selalu cerah, Anda cukup beruntung kalau bisa memasuki kawasan ini tanpa perlu mengantri.

Dengan Mubarak yang kini telah mengundurkan diri dan pemerintahan baru yang semoga saja dapat segera berbenah diri dan menata Mesir kembali, para pengusaha wisata di Mesir dan seluruh dunia berharap Sphinx, kawasan Giza, sungai Nil dan misteri mumi Mesir segera kembali menjadi primadona wisata.

(Berbagai sumber)

SHARE