Naik Berat Ideal Saat Hamil

0
36

.Untuk menghindari obesitas, berhenti beranggapan, bahwa ibu hamil harus mengonsumsi makanan dan minuman 2-3 kali lipat dari biasanya. Kebutuhan makan saat hamil justru sebaiknya hanya akan naik 10-15 persen dari konsumsi sebelumnya.

Cukup tambahkan 300 kalori dari porsi biasanya. Bila sebelumnya Anda terbiasa mengonsumsi – misal – 2.000 kalori per hari, maka saat hamil sebaiknya mengonsumsi hingga 2.300 kalori setiap hari. Perhatikan konsumsi makanan dan minuman Anda. Berat badan ideal seorang perempuan yang berbadan dua berkisar antara  45-65 kilogram. Kenaikan total mencapai 12-15 kilogram.

Melalui Indeks Massa Tubuh (IMT), Anda bisa mengontrol berat badan Anda agar tidak berlebihan di kala hamil. IMT akan memberitahu kenaikan berat badan ideal dengan cara membagi jumlah berat badan dalam kilogram yang dibagi tinggi badan (meter). Hasilnya adalah IMT Anda (IMT = BB / tinggi badan).

Bila IMT Anda adalah 25,0-29,9, maka berat badan Anda tergolong berlebih. Jaga total jumlah kenaikan berat badan hingga masa persalinan cukup 6,8-11,3 kilogram. Ini berarti, per bulan berat Anda hanya boleh naik 1,2 kilogram.

Pada trimester kedua, janin akan bertumbuh dan bertambah berat 10 gram setiap hari. Ini berarti 90 gram pada minggu ke-16, 256 gram pada minggu ke-20, 680 gram dalam minggu ke-24, dan menginjak minggu ke-27 akan mencapai kurang lebih 900 gram.

Masa-masa rawan adalah pada trimester kedua dan ketiga, karena pertambahan berat badan berjalan cukup cepat di sini. Trimester pertama tidak terlalu signifikat, karena munculnya mual di pagi hari (morning sickness).

Selamat ‘berhitung’!

(Berbagai sumber)

SHARE