7 Fakta Tentang Duet Nokia-Microsoft

0
23

.Nokia akhirnya memilih Windows Phone 7 (WP7) sebagai OS utama untuk ponsel pintarnya di masa datang. Menurut Times India, ada tujuh fakta penting mengenai kedua perusahaan tersebut yang perlu diketahui.

1. Nokia dan Microsoft Menggabungkan Aset
Kedua perusahaan besar ini menggabungkan aset untuk mengembangkan dan memasarkan produk ponsel. Nokia membayar lisensi pemakaian WP7, sedangkan Microsoft berinvestasi dalam pemasaran dan pengembangan ponsel. Kesepakatan lisensi dinilai rumit karena beberapa teknologi Nokia akan dibenamkan di WP7, seperti fitur navigasi dan peta.

2. Pertukaran Teknologi
Nokia memberikan merknya yang lebih unggul di dunia ponsel pintar, perangkat ponsel, toko aplikasi yang diadopsi di WP7 Marketplace dan teknologi peta. Sedangkan dari pihak Microsoft berkontribusi dalam piranti lunak WP7, Bing, Xbox Live dan piranti Office.

3. Nokia Membuat Dua Divisi Pengembangan Ponsel
Nokia membuat dua unit khusus pengembangan ponsel bersamaan pengumuman memakai WP7. Dua unit tersebut yaitu divisi Smart Devices yang kini dipimpin Jo Harlow dan divisi Mobile Phones.

4. Symbian dan MeeGo Belum Disingkirkan
Dengan hadirnya WP7 bukan berarti Nokia meninggalkan OS aslinya, Symbian dan MeeGo. Kedua OS asli Nokia tersebut akan menjadi pelengkap mendampingi  WP7 yang akan digunakan untuk produk ponsel pintar.

5. Nokia Pangkas Anggaran Penelitian dan Pengembangan
Stephen Elop menyatakan bahwa dana bidang penelitian dan pengembangan untuk Symbian akan dipangkas karena Nokia akan menggunakan WP7 sebagai platform utama.

6. Nokia akan Melakukan PHK
CEO Nokia Stephen Elop menyatakan akan melakukan restrukturisasi besar-besar di Nokia. Dia akan memecat banyak karyawan Nokia di seluruh dunia, termasuk Finlandia. Tidak disebutkan berapa banyak yang akan dirumahkan.

7. Nokia Urung Pilih Android
Stephen Elop mengaku telah melakukan diskusi dengan Google mengenai pengadopsian Android. Tampaknya Nokia merasa akan kesulitan membedakan produknya dari pabrikan Android lainnya yang sudah ada. Kuatnya layanan peta Google semakin membuat Nokia tidak ingin mengabaikan layanan Ovi Maps miliknya. Berdasarkan hal tersebut, Nokia batal gunakan Android.

Berdasarkan fakta-fakta diatas, tampaknya sudah hampir pasti Nokia akan menggunakan WP7. Jadi, mari kita tunggu saja bagaimana bentuk hasilnya, apakah Nokia kembali mengantongi predikat sebagai ponsel sejuta umat?

(Berbagai sumber)

SHARE